Sebagai seorang pembisnis, biasanya akan melakukan berbagai macam upaya agar mengembangkan bisnisnya. Salah satunya memperluas jangkauan pemasaran. Platform di sosial media cukup luas dan bermacam-macam ada Facebok, Instagram, Youtube, Endorse.
Yang kita tau, pengguna Sosial Media di Indonesia ada 64% dari keseluruhan penduduk. Artinya 6 dari 10 masyarakat di Indonesia aktif menggunkan Sosial Media. dan hampir menghabiskan waktu 6 jam dalam sehari menggunakan Sosial Media.
Karena itu para pelaku UMKM, UKM, dan Pembisnis lainnya memanfaatkan Sosial Media untuk memperluas jangkauan pemasaran. Proses ini juga dinamakan Social Media Marketing yang dimana dilakukan melalui pihak ketiganya yaitu Sosial Media, baik Instagram, Youtube, Facebook, Endorse, dan lainnya.
Sosial Media sendiri dapat menngkatkan kesadaran terhadap suatu brand dan produk. Dengan menghadirkan jasa promosi produk di Sosial Media, dengan ini masyarakat dapat menyadari keberadaan brand yang kita punya. Dengan cara ini juga kita dapat menerapkan strategi pemasaran di Sosial Media, seperti membuat content, penggunaan foto produk yang menarik, dan lainnya.
Disisi lain para pelaku usaha dapat berinteaksi dengan costumer secara tidak langsung. Caranya dengan memancing mereka untuk membuat komentar, atau ajakan untuk pengguna Sosial media lainnya memberikan ide untuk brand tersebut. Pemasaran melalui Sosial Media dapat menghemat biaya iklan, bahkan penerapannya jauh lebih murah dibandingkan promosi lainnya.
Maka dari itu sebagai seorang pembisnis sangat beruntung sekali ada di zaman teknologi yang sangat canggih ini untuk mengembangakan bisnisnya sendiri. Karena mempromosikan bisnis pada platform Sosial Media sanagat efisien, selain harganya terjangkau tapi juga mudah dipahami.
"menurut saya si sosial media berpengaruh banget buat saya, kebetulan kan saya jualan Online juga jadinya orderan lumayan ramai sehari bisa dapat keuntungan kurang lebi 1-2 juta". ucap pemilik usaha konveksi
dari kutipan di atas juga menjelaskan, sosial media mudah di akses oleh berbagai kalangan mau dari kalangan muda atau pun yang tua, terhantung dari apa kebutuhannya.
Disini juga akan ada contoh pedagang minuman yang jualannya hanya di depan rumahnya saja tetapi dapat mendapatkan keuntungan 500 ribu sampai 800 ribu.
"bersyukur sekali saya bisa menggunakan media sosial, awalnya si di kasih tau orang terdekat untuk menggunakan platform ini kata nya bisa dapat keuntungan banyak, akhirnya saya coba dan saya pelajari. Waktu ke waktu alhamdullilah saya ngerti menggunakannya dan sekarang saya bisa ada penghasilan lebih" ucap pendagang minuman.
Dengan menggunakan Media Sosial para pelaku usaha juga dapat mengetahui informasi mengenai pasar secara leih lengkap. Baik pelanggan ataupun pelaku usaha dapat data terkini mengenai kebutuhan masyarakat saat ini.