Lihat ke Halaman Asli

Rangga Adlan

Kepala Program Kompetensi Keahlian DPIB

Mengatasi Waktu Adaptasi Penggunaan Aplikasi Perangkat Lunak

Diperbarui: 21 Januari 2023   20:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan adalah

  • Peserta didik belum terbiasa dengan aplikasi perangkat lunak yang digunakan.
  • Peserta didik tidak melakukan pengulangan praktek di rumah.

Praktik pembelajaran ini penting untuk dibagikan karena praktik ini dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dan diharapkan menjadi inspirasi bagi rekan-rekan guru lain.

Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini adalah sebagai fasilitator dan membimbing peserta didik, selain itu juga memiliki tanggung jawab untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan dalam RPP sehingga di dalam proses pembelajaran tentunya harus efektif dan efisien untuk mencapai hasil belajar yang maksimal.

Tantangan:

Setelah dilakukan identifikasi masalah pada saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung, maka beberapa tantangan yang terjadi adalah

  • Waktu yang diperlukan untuk adaptasi perangkat lunak yang digunakan peserta didik masih kurang.
  • Tidak adanya fasilitas yang memungkinkan semua peserta didik untuk mengulang kembali praktek pembelajaran di rumah.

Yang terlibat dalam tantangan ini adalah guru dan peserta didik secara langsung, dan teman sejawat secara tidak langsung.

Aksi:

Tantangan yang ada di atas harus segera diselesaikan dengan baik oleh seorang guru profesional, diantaranya yaitu

  • Peserta didik saat pertama kali memulai hal baru (menggunakan perangkat lunak yang berbeda) pasti perlu waktu untuk beradaptasi untuk dapat mengerjakan suatu proyek dengan lebih cepat. Hal tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan tutor sebaya yang diawal pembelajaran dipilih yang cakap dalam pengoperasian komputer dan memiliki perangkat untuk mengerjakannya di rumah, mereka dapat belajar secara berkelompok mengulang kembali materi di luar jam pelajaran. Sehingga proses adaptasi perangkat lunak dapat lebih cepat.
  • Dengan pemanfaatan teknologi digital, guru pun dapat memaksimalkan video pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran dengan mengunggahnya di internet sehingga peserta didik dapat mengulangnya kembali di luar jam pelajaran atau di rumah dibantu oleh tutor sebaya di kelompoknya masing-masing walaupun pembelajarannya telah berakhir.

Refleksi Hasil dan dampak

Dampak dari penerapan tutor sebaya dan video pembelajaran yang diunggah secara daring membuat peserta didik dapat mempelajari materi lebih maksimal dan beradaptasi dengan aplikasi perangkat lunak lebih cepat. Karena dengan tutor sebaya setiap peserta didik dapat secara santai belajar bersama, lebih rileks dalam mempelajari materi dan penggunaan perangkat lunak, dan juga dapat saling berdiskusi satu sama lain dengan leluasa. Kemudian dengan video pembelajaran yang diunggah di internet, peserta didik dapat mengulang kembali materi yang dipelajari dan juga mengulang langkah-langkah dalam penggunaan aplikasi perangkat lunak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline