Lihat ke Halaman Asli

Wiselovehope

Desainer Komvis dan Penulis Lepas. Unik, orisinal, menulis dari hati.

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Saat Puasa

Diperbarui: 11 April 2023   07:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi via Freepik

Apa yang dapat semua orang lakukan untuk menjaga kesehatan kulit kapan saja dan di mana saja, termasuk dalam Bulan Ramadan?

Bukan hanya dengan jalan minum air, sebab selama beberapa belas jam tubuh tidak akan menerima asupan makanan dan minuman karena berpuasa.

1. Cukupi minum air putih biasa saat sahur dan berbuka puasa. Kurangi minuman bergula, kecuali memang sangat membutuhkan (misalnya usai bekerja keras atau merasa tubuh lemas, sesekali boleh minum manis. Ingat untuk selalu memilih pemanis alami daripada pemanis buatan, apalagi yang mengandung bahan kimia dan terlalu murah harganya.)

2. Gunakanlah pelembab raga atau lotion yang baik dan cocok di kulit kita. Pria juga bisa dan boleh menggunakan lotion, tentunya yang memiliki aroma khusus pria. Disarankan untuk menggunakan lotion yang mengandung kolagen karena akan membantu kekenyalan kulit serta bermanfaat jangka panjang (terlihat lebih awet muda.)

Tentunya bagi Muslim, pilihlah pelembut raga yang halal.

3.Hindarilah paparan sinar matahari langsung. Apabila terpaksa, gunakan tabir surya atau sunscreen.

4. Mandilah dengan sabun yang mengandung pelembab tubuh. Disarankan menggunakan sabun cair yang mengandung asam hyaluron karena bisa membuat kulit terlihat lebih cerah. dan glowing.

Bisa juga mencoba mandi dengan shower puff, selain memperbanyak busa sabun, bisa mengangkat kotoran dan sel kulit mati dan membuat kita rileks karena mampu melancarkan peredaran darah dengan pijatan lembut pada kulit.

5. Hindarilah makanan dan minuman manis sebab bisa membuat kulit rentan berjerawat dan kusam. Makanan dan minuman yang terlalu asin juga dapat membuat dehidrasi. Jadi bijak-bijaklah saat makan, semua boleh dikonsumsi asal tidak berlebihan.

Semoga bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline