Lihat ke Halaman Asli

Randell 08

pengangguran banyak acara

Normalisasi Pendidikan

Diperbarui: 14 Oktober 2024   12:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Artikel Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah

Madrasah Ibtidaiyah merupakan lembaga pendidikan dasar yang mengintegrasikan kurikulum umum dan kurikulum keagamaan. Pembelajaran di madrasah ini bertujuan untuk membentuk karakter, akhlak, dan pengetahuan dasar bagi siswa. Berikut adalah beberapa aspek penting dalam pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah:

 1. Kurikulum Terintegrasi

Kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah mencakup pelajaran umum seperti matematika, bahasa Indonesia, dan ilmu pengetahuan alam, serta pelajaran agama seperti Al-Qur'an, fiqh, dan akidah. Integrasi ini bertujuan agar siswa tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki pemahaman agama yang baik.

 2. Metode Pembelajaran Aktif

Pendekatan pembelajaran aktif diterapkan untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Metode seperti diskusi kelompok, proyek, dan pembelajaran berbasis masalah mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses belajar.

 3. Pengembangan Karakter

Pembelajaran di madrasah juga fokus pada pengembangan karakter. Melalui pendidikan akhlak dan kegiatan ekstrakurikuler, siswa diajarkan nilai-nilai moral dan sosial, yang penting untuk kehidupan sehari-hari.

 4. Peran Guru

Guru di Madrasah Ibtidaiyah tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing. Mereka berperan dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif dan mendukung perkembangan siswa secara holistik.

 5. Keterlibatan Orang Tua

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline