Lihat ke Halaman Asli

Konser Dewa 19 Bikin Penonton Kecewa?

Diperbarui: 3 April 2023   18:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumen Pribadi

Band legendaris Dewa 19 menyelenggarakan konser musik dengan mengajak 4 vokalisnya yaitu Ari Lasso, Once Mekel, Virzha, dan Ello. Konser musik yang diselenggarakan pada 4 Februari 2023 kemarin berlokasi di Jakarta International Stadium (JIS). Selain menampilkan Dewa 19, beberapa artis juga turut tampil dalam konser tersebut, seperti Mulan Jameela dan The Lucky Laki. Dewa 19 juga mengajak penyanyi dangdut yang dijuluki Ratu Dangdut Indonesia yaitu Elvy Sukaesih. Tanpa disangka, Andre Taulany hadir sebagai kejutan untuk penonton dengan membawakan lagu Mungkinkah.

dokumen-pribadi-konser-dewa-19-jis-642a42daa676550d85402332.jpg

Sumber: Dokumen Pribadi

Konser musik yang bertajuk Pesta Rakyat DEWA 19 “30 Tahun Berkarya” ini diselenggarakan untuk merayakan 30 tahun Dewa 19 dalam berkarya di industri musik tanah air. Sayangnya, konser kurang memberikan kesan baik ke penonton karena kurangnya koordinasi antara promotor dengan panitia. Area parkir yang jauh dari JIS dan ketersediaan bus untuk mengangkut penonton dari Jiexpo ke JIS menjadi alasan kecewanya para penonton.

Seharusnya pembubaran  konser ini bisa dilaksanakan dengan baik mengingat waktu penundaan yang cukup lama yaitu tiga bulan, dari yang tadinya akan digelar pada 12 November 2022 dan diundur menjadi 4 Februari 2023. Pemilihan lokasi juga dinilai kurang strategis karena JIS terbilang masih baru dan belum terintegrasi oleh beberapa  transportasi umum yang ada di DKI Jakarta. Alur pembubaran penonton juga seharusnya dikoordinasikan oleh panitia yang bertugas mengatur jalannya acara. Hal ini tentunya untuk menghindari penumpukan di pintu keluar stadion seperti yang terjadi pada konser 4 Februari 2023 kemarin.

Apabila melihat dari sisi kestrategisan lokasi, Gelora Bung Karno jauh lebih efektif jika digunakan untuk konser. Hal ini dikarenakan lokasinya yang terintegrasi langsung dengan beberapa transportasi umum seperti Transjakarta  dan MRT. Bubaran konser Blackpink yang digelar pada 11-12 Maret 2023 bisa dibilang lebih rapi karena berlokasi di GBK yang membuat para penonton dapat memilih beberapa opsi transportasi umum untuk pulang ke rumah. 

Selain itu, banyak juga penonton yang tidak mendapat kursi dengan alasan telah diisi oleh penonton lain. Panitia sudah seharusnya mengatur penonton berdasarkan nomor kursi yang tertera di tiket. Lalu banyak penonton yang tidak mendapatkan transportasi untuk kembali ke area parkir setelah menonton konser di JIS. Oleh karena itu, banyak penonton yang kecewa dengan promotor konser Dewa 19 kali ini. Setidaknya penampilan Dewa 19 dapat mengobati rasa kecewa yang dialami para penonton.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline