Lihat ke Halaman Asli

Semua Orang adalah Pahlawan

Diperbarui: 17 Juni 2015   18:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Berhubung hari ini bertepatan dengan tanggal 10 Nopember yang diperingati sebagai hari Pahlawan, tidak ada salahnya kan saya juga ingin menulis yang berkaitan dengan hari ini.

Saya tidak akan membahas tentang sejarah hari Pahlawan maupun sikap kita dalam memaknai hari Pahlawan ini, mungkin akan terkesan biasa saja. Tapi disini saya hanya akan bertanya, siapakah pahlawan yang berkesan dihati anda?

Mungkin ada yang berpendapat bahwa orang tua adalah pahlawan dalam hidup kita sehingga kita bisa menjadi seperti sekarang, atau mungkin ada juga yang menjawab bahwa guru adalah pahlawan dalam dunia pendidikan kita meskipun kadang sering terabaikan apalagi bagi para guru di pelosok sehingga mereka sering disebut pahlawan tanpa tanda jasa. Atau mungkin ada juga yang menjawab pahlawan itu seperti para TKI yang berjuang demi keluarganya meskipun harus merantau ke negeri orang dan karena mereka pula devisa negara kita semakin bertambah sehingga mereka sering disebut sebagai pahlawan devisa negara.

Cobalah kita bertanya kepada anak kecil, mungkin ini terlihat aneh bagi kita yang lebih dewasa untuk menanyakan hal ini kepada mereka, tapi tidak ada salahnya kok. Dan mungkin yang akan sering kita dengar dari bibir kecil mereka dengan pikiran yang masih lugu, mereka akan menjawab pahlawan itu seperti yang mereka lihat di tv seperti power rangers, kamen rider, dan lain sebagainya. Tapi dari situ dapat kita ambil kesimpulan bahwa mereka ingin pahlawan yang mereka lihat itu dapat kita tiru dari sifatnya, seperti membela kebenaran dan keadilan.

Tapi sadarkah kalian, bahwa setiap orang yang ada disekeliling kita atau mungkin bahkan kita sendiri bisa menjadi pahlawan, baik untuk diri kita sendiri maupun orang lain. Contohnya saja para tukang sampah atau petugas kebersihan yang sering membersihkan sampah kita, saya sering menyebut mereka sebagai pahlawan kebersihan karena selain mereka dengan rela membersihkan sampah yang ada, mereka juga berjuang untuk mempertahankan hidup dan memberi nafkah untuk keluarga mereka. Atau mungkin saja para pedagang yang menyediakan barang-barang yang kita perlukan, saya menyebut mereka dengan sebutan pahlawan siap sedia.

Menjadi seorang pahlawan tidak harus serta merta turun ke medan perang, tapi menjadi seorang pahlawan bisa kita lakukan untuk memperjuangkan hak dan kewajiban kita. Karena semua orang adalah pahlawan, baik untuk dirinya sendiri maupun orang banyak.

Mohon maaf apabila ada salah kata yang membuat tidak berkenan. Terima Kasih




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline