Lihat ke Halaman Asli

Debat Kusir Ala Orde Baru (menurut petunjuk yang mulia)

Diperbarui: 25 Juni 2015   21:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Masih ada saja ya….? orang-orang yang mengira dirinya paling layak menentukan apa yang baik dan apa yang tidak baik, atau apa yang paling benar dan apa yang paling tidak benar menurut parameter kelompoknya, lalu standar dan parameter tesebut mereka anggap dan seolah-oleh pernyataan mereka itu berlaku bagi semua orang. Apakah pendapat sekelompok tersebut disamaratakan dan dapat diterima secara general oleh pihak lain? Sungguh miris jadinya apabila kita masih menemui kelompok atau golongan yang seperti itu yang masih mempertahankan prinsip kelompoknya untuk meyamaratakan prinsipnya kesemua orang. Apalagi pernyataan itu keluar dari orang-orang kelompok yang mengaku dirinya atau kelompoknyalah “Warga Negara Pilihan” atau “Warga Negara Terpilih” (pernyataan itu adalah menurut mereka sendiri) dan mereka itu adalah kelompok yang paling berhak dalam menjaga keamanan dan membantu rakyat dalam membela Negara ini.

Orang atau kelompok yang seperti ini hanya bisa memberikan masukan kepada orang lain tanpa mempertimbangkan pendapat orang lain dan menolak mentah-mentah masukan dari orang luar/lain. Dan apakah kelompok ini tidak dapat berpikir bahwa masukan dari mereka tersebut bisa atau tidaknya diterima orang lain secara general? Dan anehnya lagi apabila ada kelompok yang berseberangan dengan kelompoknya, lantas semena-mena memberikan stigma bahwa kelompok yang berseberangan tersebut adalah kelompok yang tidak baik dan tidak becus? Benarkah ?

Apa jadinya kalau orang-orang seperti ini kelak menjadi pemimpin Negara ini? Sementara masukan dari orang lain yang memberikan masukan kepada mereka dipandang hanya sebelah mata? Dan dengan seenaknya seraya menghardik dan mengata-ngatai sipemberi masukan, karena menurut dia sendiri dan kelompoknyalah yang dia anggap pantas sebagai salah satu kelompok pembela yang berpengalaman dalam mebela Negara ini.

Kasihan orang atau kelompok yang seperti ini, karena pola berpikirnya masih terkontaminasi dari paradigma Orde Baru yang sudah tidak sesuai lagi dengan masa kini. Sungguh kasihan sekali…………………….., mereka hanya bisa memberikan output tapi tidak bisa menerima input. Indikasi tersebut tercermin dari pernyataan-pernyataan kelompoknya. Dan tanpa disadari oleh mereka bahwa pernyataan-pernyataan mereka mencerminkan jatidiri mereka sendiri alias mereka sendiri menelanjangi diri mereka sendiri. Kasihan sekali ya!

.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline