OLEH:
RAMLAH
JURUSAN AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS PALANGKARAYA
Kita tidak dapat hidup tanpa hal-hal yang disebut kebutuhan, mulai dari kebutuhan primer, sekunder, hingga tersier agar manusia dapat memenuhi kebutuhannya untuk mengelola sumber daya alam yang tersedia. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak perusahaan atau produsen yang menyediakan barang atau jasa kepada konsumen, sehingga membentuk tatanan aturan dan lembaga yang disebut pasar.
Apa sih yang dimaksud pasar?
Pasar adalah tempat di mana pembeli dan penjual bertemu pada waktu dan tempat tertentu untuk bertukar barang atau jasa. Di dalam pasar ada yang dinamakan pasar monopolistik dan oligopoli.
Apa yang dimaksud dengan pasar monopolistik dan oligopoli?
A. Pasar Monopolistik
Pasar monopolistik adalah sistem pasar dimana terdapat banyak produsen atau perusahaan yang memiliki barang atau jasa yang sama dengan perusahaan lain namun tetap memiliki beberapa aspek pembeda seperti warna produk, bentuk spesifikasi yang disajikan, jumlah produsen sangat besar dalam pasar monopoli, namun setiap produk yang dihasilkan tetap memiliki kekhasan tersendiri sebagai bentuk diferensiasi. Pada hakikatnya, pasar persaingan monopolistik adalah pasar antara dua jenis ekstrim pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli. Karena memang sulit menemukan pasar dengan komoditas perdagangan yang benar-benar homogen, dan setiap pelaku pasar memiliki informasi yang dibutuhkan untuk pasar persaingan sempurna, dan juga sulit menemukan pasar yang benar-benar dimonopoli tanpa komoditas pengganti.
1. Karakteristik Pasar Monopolistik