Lihat ke Halaman Asli

Ramid Masyutie

freelancer

15 Perwira Tinggi, Puluhan Perwira Militer Tewas, Tragedi yang Disembunyikan Beberapa Dekade

Diperbarui: 9 Februari 2021   05:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

8Pesawat Tu-104 Foto: Jon Proctor / Wikimedia/via lenta.ru)

Ini mungkin peristiwa sejarah yang paling tragis didunia kemiliteran . Saya rasa  belum ada sejarahnya begitu banyak perwira tinggi "bintang" yang meninggal atau tewas sekaligus seperti tragedi ini .

Para Laksamana , jendral  , militer dari Kapten sampai Kolonel. Dilansir dari Lenta ru/news, berita dari Rusia 07/02/2021 diceritakan.

Tepat 40 tahun lalu hari ini,  pada tanggal 07 Februari 1981, sebuah pesawat lepas landas dari lapangan terbang militer Pushkin dekat Leningrad.

Pesawat yang didalamnya adalah Panglima (komandan )Angkatan Laut, Armada Pasifik Rusia itu hanya menghabiskan delapan detik di udara.

Segera setelah lepas landas, pesawat tersebut jatuh dengan bagian ekor lebih dahulu menghunjam tanah.

Gulungan terlihat sangat besar sehingga mereka yang berada di lapangan terbang menggambarkan posisi Tu-104 sebagai "salib di langit" yang meledak dan terbakar dilandasan.

Rusia ketika itu adalah negara yang serba tertutup. Investigasi yang berjalan sangat rahasia, karena Rusia menyembunyikan peristiwa tersebut dari jajarannya dan dunia.

Penyelidik terbaik negara itu dikerahkan untuk mencari tahu penyebab kecelakaan yang menewaskan Komandan Armada Rusia Laksamana Emil Spridonov bersama belasan perwira tinggi Bintang 1 , 2 dan 3 '(setingkat Jenderal ) dan juga perwira lainnya dari Kapten sampai yang berpangkat Kolonel .

Kejadian itu tetap dirahasiakan selama beberapa dekade.

Tewasnya 50 orang terdiri atas 44 Para penumpang dan perwira tentara Rusia  serta 6  awak pesawat itu segera diteliti.

Saksi mata  mengatakan bahwa ekor pesawat putus dari badan pesawat, dan di bawahnya terdapat corong   ( lubang) besar dengan bahan bakar  yang terbakar dari seluruh pesawat tanpa sisa karena bahan bakarnya yang penuh. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline