Lihat ke Halaman Asli

Ramdhan EpdulRahmatullah

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

KKN Mandiri Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Pencegahan Covid-19

Diperbarui: 25 Juli 2020   18:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Ambalresmi (Kebumen) -- Di masa pandemi Covid-19, mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berkewajiban untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan menjadi relawan Covid-19. Pelaksanaan kegiatan KKN tersebut dilaksanakan di lokasi sekitar tempat tinggal mahasiswa dengan menggunakan metode daring.

Ramdhan Epdul Rahmatullah, salah seorang mahasiswa yang terlibat sebagai peserta KKN Relawan Covid-19 menyatakan, pelaksanaan KKN Covid-19 ini mengalami banyak perbedaan dan perubahan yang begitu terasa di bandingkan pelaksanaan KKN sebelumnya. Kini mahasiswa dituntut mandiri di lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing untuk melaksanakan kegiatan KKN secara mandiri

"Di masa pandemi Covid-19 ini mahasiswa dituntut untuk membuat terobosan baru. Sistem KKN yang dilakukan secara individu di lingkungan tempat tinggal mahasiswa. 

Pelaksaan kegiatan KKN ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat setempat tentang pentingnya menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terutama di tengah pandemi Covid-19 ini", (ucap Ramdhan Epdul Rahmatullah/K4617097 dari Program Studi PENJASKESREK UNS) yang selama 45 hari terlibat sebagai peserta KKN Relawan Covid-19 yang melaksanakan kegiatan KKN Relawan Covid-19 yang dibimbing oleh Dr. Drs. SUGIYANTO,M.Si.,M.Si berlokasi di RT.01 RW.02 Dusun Sawahan, Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen.

Melalui media sosial yang biasa dipergunakan masyarakat, ia memberikan edukasi tentang protokol kesehatan, cara pencegahan penyebaran Covid-19, serta mengajak masyarakat menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain itu, melalui pemberian masker, pemberian desinfektan, dan poster sebagai sarana penunjang edukasi diharapkan masyarakat tetap menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline