Lihat ke Halaman Asli

Ramayanti Sitanggang

Karyawan Swasta

Mengenal, Bagaimana Pekerjaan Sebagai Telemarketing

Diperbarui: 16 Maret 2024   17:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Hi teman-teman ,disini saya akan jelaskan tentang bagaimana dunia atau realita pekerjaan sebagai Telemarketing, mungkin kalian saat ini ada tawaran panggilan interview untuk bekerja sebagai Telemarketing, dan kalian belum tahu seperti apa cara kerjanya, tepat sekali, artikel ini bisa kalian jadikan sebagai acuan atau pertimbangan bekerja sebagai telemarketing.

Oke kita bahas terlebih dahulu, apa itu Telemarketing ; telemarketing itu adalah metode pemasaran atau penjualan produk yang dilakukan melalui telepon.

Dan Ternyata Metode telemarketing  ini sangat efektif lo, untuk kelancaran penjualan atau omset perusahaan terutama dilakukan untuk repet order atau penawaran kompensasi,  bahkan  metode telemarketing ini terbukti juga bisa mengalakan target perjualan dari pelanggan baru atau new custumer dari strategi lapangan.

Jadi ga salah metode ini dilakukan sudah dari sejak tahun 1970 sampai saat ini, telemarketing itu ada banyak istilahnya , yaitu  inside sales atau yang popular disebut telesales.

Oke lanjut ke  topic seperti apa realita dunia telemarketing,

Seuai pengalaman saya ya teman-teman, setiap  perusahaan besar pasti memiliki devisi sebagai telemarketing, dan setiap perusahaan itu pasti punya  caranya masing masing dalam memasarkan produk mereka melalui telepon.

Sebagai Telemarketing itu bekerjanya dari kantor ya teman-teman.  kalian hanya perlu bekerja menggunakan telepon setiap hari,  dan kalian pasti bertanya juga, data basenya dari mana, atau istilah lain disebut juga lead , apakah lead atau data basenya sudah disediakan perusahaan atau kita cari sendiri?

Nah saya akan jelaskan melalui  contoh

Nah Teman-teman , istilah jenis data/lead di  telemarketing itu ada dua: saya sebut yang pertama adalah jenis data/lead mentah , jenis data ini  adalah data murni, list data custumer yang belum pernah membeli atau menggunakan produk perusahaan tersebut,.  Telemaketing akan menawarkan produk untuk mendapatkan  pelanggan baru / new customer. Bagaimana perusahaan dapat menyediakan leads atau data mentah ini, dari mana sumbernya? perusahaan punya caranya masing2 ada yang melalui iklan, atau bekerja sama dengan asosiasi perusahaan lain.

Dan  jenis data kedua adalah list data customer  yang sedang aktif atau biasa disebut data   member, disini Telemarketing akan bertugas mendapatkan repeat order.

Saya berikan contoh teman-teman

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline