Lihat ke Halaman Asli

RamaTamin

Sahabat Diskusi Solusi Manajemen Toko Moderen

Hal-Hal yang Harus Ada dalam Pelaksanaan Manajemen Kategori (Bag 2 habis))

Diperbarui: 22 Januari 2024   20:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar

3. Kinerja Kategori

Lakukan penilaian tiap kategori dengan rutin dan lakukan secara disiplin. Lalu apa saja poin poin yang harus Anda nilai dari setiap kategori:

- Sales Value

Adalah besaran dari total penjualan itu sendiri

- Sales Contribution

Adalah konsep turunan dari laporan sales mix yang menunjukkan seberapa besar (%) kontribusi tiap kategori pada keseluruhan penjualan

- Sell Through Rate

Adalah sebuah metrik atau indikator dalam manajemen stok barang yang dipakai untuk mengukur tingkat atau persentase penjualan stok barang yang kamu terima dari pemasok atau produsen tertentu. Hasil dari penghitungan sell-through rate dipakai untuk memahami seberapa cepat dan efisien stok barang yang kamu terima dari pemasok atau produsen tertentu bisa terjual.

Untuk menghitung sell-through rate sebuah usaha, kamu perlu memakai rumus sederhana berikut ini:

Sell-Through Rate (STR): (Penjualan Produk A / Jumlah Produk A dari Pemasok) x 100%

Misalkan Anda menjual produk alat makan seperti gelas. Di bulan Mei, produk gelas yang Anda terima dari pemasok adalah sebesar 200 buah. Sementara yang terjual adalah sebanyak 170 buah gelas. Maka dari itu, didapatkan sell-through rate gelas itu adalah sebesar 85%.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline