Lihat ke Halaman Asli

Rama Aditya

Rama Aditya

Pencegahan Demam Berdarah Melalui Kegiatan PJN di Kelurahan Kaligawe

Diperbarui: 1 Februari 2020   10:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN UPGRIS mengecek jentik - jentik yang ada di ember. Dokpri

Kelurahan Kaligawe Semarang - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Universitas PGRI Semarang di Kelurahan Kaligawe Semarang bersama Puskesmas Kelurahan Kaligawe, Perangkat Kelurahan Kaligawe, Ibu PKK dan Mahasiswa KKN USM melaksanakan kegiatan PJN ( Pemberantasan Jentik Nyamuk ) di wilayah RW 5 Kelurahan Kaligawe Kecamatan Gayamsari Kota Semarang, Jumat (31/1/2020) pukul 08.00 WIB.

KKN UPGRIS di Kelurahan Kaligawe melaksanakan program kerja di bidang kesehatan. Kegiatan tersebut berupa PJN ( Pemberantasan Jentik Nyamuk ). PJN merupakan program yang sudah rutin dilakukan di setiap hari Jumat dan dilaksanakan di setiap RW yang ada di Kelurahan Kaligawe.

Kegiatan PJN dilaksanakan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh nyamuk seperti demam berdarah, karena sudah memasuki musim penghujan. Kegiatan ini sudah digencarkan pelaksanaanya sebelum terjadinya kasus demam berdarah meningkat. PJN sendiri dilakukan di tiap rumah warga dengan mengecek tempat -- tempat penampungan air seperti bak mandi, tong atau ember.

" Sebelum ada yang sakit, lebih baik kita melakukan pencegahan. PJN inilah sebagai upaya kita untuk mencegah penyakit tersebut menyerang warga khususnya di Kelurahan Kaligawe. " jelas Catra selaku Epidomologi Kesehatan Puskesmas Gayamsari.

" Yang terpenting kesadaran warga tumbuh dahulu dan melakukan 3M Plus ( Menguras, Menutup, Menimbun dan Menghindari Gigitan Nyamuk ) di masing -- masing rumah sesuai penyuluhan yang pernah dilakukan oleh Puskesmas." Imbuh Catra.

Anggota KKN UPGRIS, Elfa Mahendra menjelaskan bahwa kegiatan PJN merupakan langkah awal untuk memberantas jentik nyamuk. Hal itu bisa mencegah terjadinya demam berdarah.

"Kita tahu demam berdarah menjadi penyakit yang mematikan di Indonesia, terlebih ketika memasuki musim penghujan. Maka dari itu, lebih baik mencegah daripada mengobati" Ucapnya.

"Harapannya warga Kaligawe sadar akan pentingnya program PJN ini dan melakukan 3M Plus agar terbebas dari penyakit demam berdarah." pungkas Elfa Mahendra.

Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline