Lihat ke Halaman Asli

rama rafliana

banyak info info menarik di akun ini

Wisata Kren Kaligua

Diperbarui: 29 April 2021   10:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Wisata Kren Kaligua

Argo wisata yang terletak 16 Km dari Bumiayu ini adalah destinnasi andalan wisata Brebes Jawa tengah Indonesia dan di kenal juga sebagai sarana edukasi kebun teh tetapi bukan hanya itu saja yang bisa kamu nikmati Ketika kamu berkunjung kesana. Disini saya akan menceritakan sedikit tentang sejarah kaligua yaitu kali gua adalah tempat wisata yang berada di kabupaten brebes jawa tengh Indonesia lebih tepatnya di kecamatan paguyangan kali gua merupakan peninggalan belanda yang di bangn di tahun 1889 yang sampai saat ini  masih beroprasi dan kali gua juga terletak di bawah kai gunung slamet untuk mencapainya melalui jalur utama Cirebon bumiayu atau juga dari selatan purwokerto. Saat ini jalan kali gua sudah cukup baik karena sudah di aspal tiidak seperti sebelumnya yang masih bebatuan dan licin sehingga sekarang wisatawan yang ingin ke kaligua akan lebih mudah menggunakan kendaraan pribadi memakai motor ataupun mobil. 

Wisata kaligua terletak di ketinggian 1200 sampai 200 m di atas permukaan laut dan suhu yang ada di sana kisaran 4 sampai 12 drajat Celsius saat hujan bisa mencapai 8sampai 22 drajat celisus dan kaligua juga hampir setiap saat di selimuti dengan kabut dan untuk harga tiket masuk sangatlah terjangkau di katngon anda pastinya hanya dengan 5 ribu saja dan masih ada banyak wisata lagi di dalamnya.

Udara bersih serta pemandangan yang sungguh indah dapat kita lihat di kali gua. Di sini kita juga bisa menikmati keindahan panorama puncak gunung selamet gunung tertinggi ke dua dipulau jawa. Selain itu di tempat tempat menarik di kali gua yang dapat kita temui adalah gua jepang, tuk benih ( sumber mata air ), gua angin, dan tentunya kebun teh yang indah terbentang luas. Fasilitas di kali gua juga cukup baik mulai dari penginapan, wisma, area camping, Out bound, tempat olah raga dan banyak lagi.

Selain itu di kali gua juga terdapat kolam ikan yang dianggap keramat dimana kolam tersebut dipenuhi dengan ikan lele. Kolam tersebut dikenal dengan telaga renjeng oleh warga sekitar. Konon tak ada yang berani menangkap ikan lele di telaga renjeng.Telaga Renjeng ini terletak di tengah hutan lindung dekat lokawisata kebun teh kali gua.

Jika anda berniat liburan, kali gua bisa menjadi pilihan anda berlibur bersama keluarga. Jalan jalan berekreasi menyusuri kebun teh bisa menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Anda akan dimanjakan dengan keindahan alamnya yang sungguh mempesona bahkan bisa dikatakan lebih indah dari lokawisata puncak bogor yang ada di jawa barat berikut penjelasan lebih lanjut dan juga lebih unik  di jamin ada ingin langsung ke tempat wisatanya :

  • Dibangun saat colonial Belanda Tahun 1889 Sejarah kebun teh Kaligua yang terletak di Dusun Kaligua, Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah ini disebutkan bahwa merupakan peninggalan dari zaman Belanda tahun 1889. Dibangunlah pabrik untuk mengolah hasil perkebunan menjadi teh hitam yang dikelola oleh warga Belanda. Sampai masa mendekati kemerdekaan Indonesia, kebun teh ini diambil alih oleh Jepang. Seiring berjalannya waktu, pengelola pun berganti-ganti sampai sekarang dipegang oleh PTPN 9, perusahaan bidang perkebunan di Indonesia.
  • Ada Kesenian Tari Ronggeng pada saat perayaan ulang tahun kebun the Kali gua Dahulu ketika proses pembangunan pabrik teh pada tahun 1901, pekerja membawa ketel uap dan mesin lainnya dari Paguyangan menuju Kaligua, ditempuh dengan berjalan kaki selama kurang lebih 20 hari. Untuk menghilangkan penat saat beristirahat, pekerja-pekerja tersebut disuguhi oleh kesenian tari Ronggeng Banyumas. Bahkan hingga kini pun, pertunjukan seni tersebut menjadi salah satu atraksi saat perayaan ulang tahun Kebun Teh Kaligua.
  • Ada Goa Jepang di Kawasan kebun the kaligua Salah satu bukti sejarah kebun teh Kaligua masih bisa disaksikan hingga sekarang melalui Gua Jepang, yang berada di kawasan kebun. Dikarenakan sekitar tahun 1942, kebun teh ini diambil alih oleh pasukan Jepang, sehingga banyak tanaman teh yang rusak diganti dengan tanaman pangan lain. Mulut gua Jepang tersebut berukuran pendek bertujuan agar pasukan Belanda yang bertubuh tinggi kesusahan masuk ke dalam. Kalau Teman Traveler menjelajah gua, akan disambut oleh replika pasukan Jepang dengan orang Indonesia, menggambarkan penjajahan oleh bangsa tersebut. Saat bertualang di gua Jepang sebaiknya memakai jasa pemandu demi keselamatan, dan agar lebih mengetahui sejarahnya.
  • Dan yang terakhir Berbagai wisata di kebun the kaligua Kebun Teh Kaligua memang dibuka untuk umum sebagai salah satu destinasi wisata. Daerah ini pun cukup tersohor di kalangan pelancong, berkat berbagai atraksi diantaranya gua Jepang, hamparan teh itu sendiri, kemudian juga Tuk Bening merupakan mata air yang dapat diminum langsung. Bahkan telah disediakan juga berbagai wahana sebut saja flying fox, jaring laba-laba, dan pemandian air panas. Tidak disangka perkebunan teh yang selama ini terkenal sebagai wana wisata ini telah berdiri selama setidaknya 1 abad. Serta menyimpan cerita memilukan di masa lalu. Jadi gimana apakah teman teman tertarik dengan argo wisata kali gua yok buruan dating banyak hal hal menarik di sana!



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline