Lihat ke Halaman Asli

Karnaval Budaya Desa Rejoagung

Diperbarui: 12 Agustus 2022   18:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Dalam rangka memperingati HUT RI ke-77, Kecamatan Semboro, Kabupaten Jember mengadakan kegiatan Gerak Jalan dan Karnaval Budaya yang diikuti seluruh desa di Kecamatan Semboro. Desa Rejoagung berpartisipasi dalam kegiatan karnaval dengan mengangkat tema Reog. 

Reog merupakan kesenian yang memiliki ciri khas barong, warok,  dan tarian jathilan yang berasal dari Kota Ponorogo, Jawa Timur. Barong merupakan topeng berbentuk kepala singa yang merupakan simbol raja hutan. Warok yaitu pengawal raja yang menari dalam keadaan kerasukan saat mementaskannya. Sedangkan jathilan merupakan pasukan raja yang menunggangi kuda. 

dokpri

Kelompok KKN-Kolaboratif 112 turut berpartisipasi dalam kegiatan karnaval, di mana rute yang ditempuh dimulai dari Lapangan Kecamatan Semboro dan berakhir di Balai Desa Semboro. Desa Rejoagung mendapati urutan pertama dalam karnaval. Kegiatan ini dimulai dari pukul 13.30 hingga pukul 18.00. 

dokpri

Selain menampilkan kesenian reog, Desa Rejoagung juga memaksimalkan penampilannya dengan menampilkan kreasi kostum modern dengan aksesoris meriah. Maskot utama dipimpin oleh Kepala Desa Rejoagung yaitu Bapak Gatot sekeluarga. 

dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline