Lihat ke Halaman Asli

Ramadhan Kesa

Mahasiswa

Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda di Desa Candisari

Diperbarui: 23 Juli 2023   14:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : dokumen pribadi

Program kerja dalam upaya peningkatan minat baca di desa Candisari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang dilaksanakan oleh KKN UNNES GIAT 5 desa Candisari tahun 2023. Sebelumnya di desa Candisari, telah terdapat perpustakaan. Perpustakaan desa Candisari bertempat di salah satu ruangan yang terdapat di balai desa Candisari. Namun jumlah buku yang terdapat di perpustakaan masih sangat terbatas. Di samping itu, akses tempat yang disediakan juga masih dianggap kurang nyaman dan sempit.

Tujuan utama adanya program perpustakaan desa Candisari ialah untuk memfasilitasi anak-anak desa Candisari dalam mencari bahan bacaan serta dalam peningkatan minat baca. Ditinjau dari keadaan di desa, terbatasnya fasilitas buku dan kurangnya minat baca menjadi salah satu latar belakang yang paling utama diadakannya program kerja perpustakaan desa oleh KKN UNNES GIAT 5 desa Candisari tahun 2023. Hal ini juga dilaksanakan dalam rangka mewujudkan program kampung penggerak Pancasila.

Penambahan buku dan perlengkapan fasilitas perpustakaan menjadi kegiatan dalam rehabilitasi perpustakaan desa. Seperti sebelumnya, belum terdapat fasilitas komputer di perpustakaan desa Candisari. Karenanya, KKN UNNES GIAT 5 berupaya dalam pengadaan komputer untuk perpustakaan desa. Dengan adanya fasilitas yang lengkap dan memadai, diharapkan akan dapat menjadi penunjang bagi anak-anak ataupun masyarakat yang memerlukan. Di samping itu, program kerja ini diharapkan dapat menambah minat pengunjung perpustakaan desa.

Jika dijumlahkan, saat ini kurang lebih terdapat 300 buku yang terdapat di perpustakaan desa. Sebagian buku tersebut diperoleh dari hasil donasi yang dikumpulkan oleh KKN UNNES GIAT 5 desa Candisari. Mulai dari buku pelajaran, novel, majalah, dan masih banyak lagi jenis buku lainnya yang dapat diakses di perpustrakaan desa Candisari.

“Program kerja perpustakaan desa oleh KKN UNNES GIAT 5 desa Candisari dianggap telah berhasil membangkitkan kembali citra perpustakaan desa. Banyak anak yang merasa senang dan terbantu dengan adanya perpustakaan desa Candisari. Diharapkan dengan perbaikan perpustakaan desa ini mampu membuat suasana perpustakaan lebih hidup dan dapat lebih meningkatkan minat baca masyarakat desa Candisari, terutama anak-anak,” cetus Nur Afandi selaku Kepala Desa Candisari.

“Upaya dalam peningkatan minat baca, khususnya anak-anak di desa Candisari melalui program kerja perpustakaan desa oleh KKN Universitas Negeri Semarang dianggap sudah berhasil dan sangat membantu”, ujar Mursyidan, selaku peserta PKKP DISPORAPAR JATENG.

“KKN UNNES berhasil dalam program kerja ini. Bukunya lengkap, banyak dongeng yang bagus dan membuat anak-anak tertarik untuk membaca,” ujar Yulianti, selaku kepala sekolah SD N Candisari.

“Majalahnya banyak, ada buku cerita yang membuat saya dan teman-teman suka membaca,” ujar Indra, salah satu siswa Sekolah Dasar yang gemar membaca buku cerita bergambar.

Mulanya, program kerja ini tercetus sejak ditetapkannya program kerja wajib oleh pihak kampus. Tidak disangka jika program ini akan berhasil dilaksanakan oleh KKN UNNES GIAT 5, serta mendapat respon yang positif dari berbagai pihak terkait. Banyak masyarakat yang merasa terbantu dengan adanya perbaikan perpustakaan desa Candisari.

KKN UNNES GIAT 5 berharap dengan adanya perbaikan perpustakaan desa ini tidak hanya bermanfaat dalam waktu singkat saja, namun, dapat memberi manfaat untuk jangka panjang, bahkan ketika KKN UNNES GIAT 5 sudah meninggalkan desa ini. Di samping itu, KKN UNNES GIAT 5 juga berharap jika perpustakaan ini akan menjadi hal yang membawa kesan positif untuk kedepannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline