Lihat ke Halaman Asli

Virall! Mahasiswa KKN Undip Lakukan Uji Formalin Pada Ikan Sebagai Antisipasi Konsumsi Bahan Pangan Berbahaya

Diperbarui: 12 Agustus 2022   20:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Purwoyoso (11/8) -- Penerjunan KKN Tim II Universitas Diponegoro periode 2021/2022 secara resmi telah dilaksanakan pada hari Senin, 4 Juli 2022 oleh Rektor UNDIP, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M. HUM. Kegiatan KKN pada tahun ini bertema 'Peduli, Partisipasi, Pahami, Stunting dan Narkoba'. Mahasiswa Fakultaas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro melakukan permberdayaan masyarakat dalam program uji formalin pada ikan sebagai antisipasi konsumsi bahan pangan berbahaya sebagai upaya peningkatan kesehatan masyarakat purwoyoso. 

Hal ini antara lain karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang cara membedakan formalin segar dan ikan segar. Program ini mengajarkan kepada masyarakat cara membedakan ikan berformalin dan ikan segar berdasarkan ciri fisiknya. Tujuan dari pelatihan regional pengujian formalin ikan yang dapat dimakan dengan asumsi konsumsi makanan berbahaya adalah untuk memberikan pengetahuan tentang cara memilih bahan (ikan) yang aman kepada masyarakat umum, terutama ibu rumah tangga. untuk konsumsi. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat (ibu-ibu) di Purwoyoso yang belum mengetahui sifat-sifat makanan (ikan) yang aman dan bebas formalin. 

dokpri

Mahasiswa KKN akan memberikan informasi tentang cara membedakan ikan segar dengan ikan dengan formalin, dan memberikan penyuluhan tentang cara menurunkan kadar formalin pada ikan segar dan ikan asin. Pengenalan dibuat dengan poster. Cetak poster ditempel baliho di dusun-dusun, lokasi strategis, dan sosialisasi dari rumah ke rumah dilakukan sebagai sarana untuk menjelaskan kepada ibu-ibu, dan poster juga akan dibagikan sebagai file Jpeg melalui media sosial yang dibuat tentang identifikasi ikan formalin.

Penulis: Ramadanny Muhammad Andyariff
Dosen Pendamping Lapangan : Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, M.M., M.A.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline