Lihat ke Halaman Asli

Rama AditiyaSaputra

Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Sampah Semakin Merajalela: Tim KKM Kolaborasi PTKIN Kelompok 148 Desa Mendala, Brebes Laksanakan Kegiatan PRODESIH dengan Kerja Bakti

Diperbarui: 1 Agustus 2024   12:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kerja Bakti Desa Mendala/dokpri 

 

Kuliah Kerja Nyata atau KKN merupakan sebuah kegiatan ketika mahasiswa melakukan pengabdian langsung terhadap masyarakat. Kegiatan KKN ini tentulah sejalan dan merupakan representasi dari salah satu nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi di Indonesia yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat. 

Kegiatan KKN ini juga tentulah menjadi ajang bagi para mahasiswa untuk mengamalkan semua ilmu yang pernah mereka dapatkan selama perkuliahan untuk disebar luaskan dan dimanfaatkan dengan baik kepada seluruh lapisan masyarakat. Tak hanya itu, kegiatan KKN ini juga melatih rasa tanggung jawab mahasiswa atas tugas yang nantinya mereka bawa dalam kegiatan KKN. 

Mahasiswa diharuskan memiliki nalar dan pikiran yang kritiis terkait dengan penyelesaian masalah yang ada dalam lingkungan mereka. Setiap mahasiswa akan dituntut untuk mencari dan menemukan masalah yang ada dalam desa tersebut. Salah satu masalah yang menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi masyarakat saat ini tentulah tidak jauh dari permasalahan kebersihan lingkungan. Kebersihan lingkungan tentulah menjadi pandangan pertama masyarakat terhadap masyarakat di daerah tersebut.

Sampah seperti sudah menjadi masalah tahunan yang sampai saat ini belum terpecahkan masalahnya. Tak hanya membawa satu masalah saja, bisa dibilang sampah ini membawa hampir semua masalah yang ada dilikungan seperti pencemaran baik air, udara hingga tanah dan lain sebagainya. 

Banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan. Sudah seharusnya permasalahan sampah dan kebersihan ini menjadi tugas dan tanggung jawab bagi kita semua sehingga lingkungan dan tempat tinggal kita terasa aman dan nyaman untuk kita tinggali. 

Salah satu sampah yang menjadi pekerjaan rumah bagi masyarakat adalah mengenai sampah plastik dan botol. Sampah tersebut menumpuk dan banyak berserakan dikarenakan konsumsi masyarakat terhadap penggunaan plastik masih tinggi. Salah satu sampah plastik yang paling banyak ditemukan yaitu terkait dengan sampah botol dan sampah plastik rumah tangga seperti plastik detergen plastik, plastik makanan ringan atau snack dan lain sebagainya. Sampah ini biasanya banyak ditemukan diberbagai jalan, samping rumah bahkan sampai ke sungai sehingga menyebabkan sampah tersebut menjadi potensi penyebab tercemarnya lingkungan terutama dengan perairan.

Terkait dengan permasalahan yang ada, tim KKN Kolaborasi PTKIN Kelompok 148 Desa Mendala akhirnya membentuk dan merancang sebuah program kerja bernama PRODESI atau Program Desa Bersih. PRODESI ini merupakan salah satu bentuk kepedulian mahasiswa KKN terhadap permasalahan lingkungan yang ada. 

PRODESI ini nantinya akan ada beberapa kegiatan. Salah satu bentuk kegiatan dari program kerja ini adalah kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar. Nantinya akan ada salah satu kegiatan lagi terkait ini yaitu tentang pengadaan tempat sampah di beberapa titik di desa Mendala. 

PRODESI lahir ketika teman-teman mahasiswa melakukan pengamatan sebelumnya, dimana banyak ditemukan berbagai macam sampah yang berserakan, baik di darat maupun di air. Hal ini tentulah menggugah semangat tim KKN Kolaborasi Kelompok 148 ini untuk merancang sebuah program kerja yang tentunya akan bermanfaat bagi masyarakat kedepannya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline