Lihat ke Halaman Asli

Tren Bahasa Kekinian di Dalam Komunikasi Media Sosial Masyarakat

Diperbarui: 24 April 2021   06:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Trend bahasa kekinian di dalam komunikasi media sosial bagi masyarakat

Penulis : Rama Ramadhan Ruswandi

Bagi masyarakat Indonesia sebuah bahasa memiliki unsur penting di dalam sebuah komunikasi pergaulan dan bermasyarakat.  Seiring berjalannya waktu kosa kata yang dimiliki di Indonesia semakin bertambah. Dimana kosa kata pada masa ini memiliki unsur yang lebih kekinian bagi masyarakat khususnya remaja yang selalu memberikan ujaran seperti bahasa yang tidak asing lagi dengar seperti typo, ngab, otw, gelay. Ya kalimat itu memberikan suatu makna ganda yang sering di ucapkan oleh kalangan masyarakat, khususnya bagi para remaja milenial.

Dari pemahaman Istilah tersebut yakni typo yang berarti kesalahan penulisan tanpa di sengaja, ngab adalah kebalikan dari kata bang, otw mengartikan on the way, lanang memiliki arti dari pacar atau kekasih, sedangkan laki yakni lebih di ketahui memiliki arti suami, lebih banyak bahasa yang diujarkan sesuai dengan penyusunan yang harus di perbaiki. Untuk kosa kata typo dan otw adalah kosa kata dari bahasa inggris yang dimana selalu di gunakan manakala masyarakat melakukan kesalahan dan persiapan untuk melakukan aktifitas. gelay memiliki makna geli atau jijik yang dimana kalimat tersebut selalu diterapkan di masyarakat

Kemunculan kosa kata baru bagi kehidupan masyarakat secara akan mengelola sebuah pemikiran yang menjadikan masyarakat selalu menggunakan kosa kata tersebut, sehingga bahasa resmi negara menjadi kurang begitu di akui bilamana bahasa trend tersebut dibawa kepada kehidupan sehari-hari. Namun tidak ada salahnya bila bahasa trend meluas akan tetapi bahasa resmi selalu diikut sertai upaya mempertahankan bahasa resmi kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline