Lihat ke Halaman Asli

Andri Mastiyanto

TERVERIFIKASI

Penyuluh Kesehatan

Di Balik Kisah Seller, Kurir, dan Customer JNE Berbagi Kebahagiaan

Diperbarui: 12 Desember 2020   06:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Deskripsi : Dibalik Kisah Seller, Kurir, dan Customer Berbagi Kebahagiaan I Sumber Foto: youtube JNE

Kebahagiaan merupakan sebuah rasa yang dicari oleh setiap orang dalam perjalanan hidupnya. Kebahagiaan dapat ditunjukkan dan dapat pula hanya dirasakan serta dinikmati untuk diri sendiri. Wujud dari menunjukkan kebahagiaan dapat berupa tertawa, tersenyum, menangis haru, sujud syukur, ucapan terima kasih dan lain-lain.

Saya teringat saat merintis dan menjalankan usaha online di tahun 2010 sampai dengan pertengahan 2016. Saat itu saya menjual berbagai macam sepatu sneakers, jaket outdoor dan kacamata. Momen ketika menjadi seller online merupakan waktu dimana acapkali bisa berbagi dan menerima kebahagiaan.

Deskripsi : Toko online saya di sekitar tahun 2010 s/d 2016 I Sumber Foto : dokpri

Deskripsi : Resi JNE saat saya masih menjadi seller 2010s/d 2016 I Sumber Foto: dokpri

Ketika masih berjualan online, saya mempercayakan pengiriman paket melalui JNE cabang Arteri Pondok-Indah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Waktu itu saya masih tinggal dengan orang tua dan toko offline saya berada di Pondok-Pinang, Jakarta Selatan. 

Pada saat masih aktif berdagang ketika berkomunikasi dengan customer via sms / BBM (saat it WA belum terkenal) ada saja yang berpesan 'gan bungkusnya yang rapih yaks ! karena barang ini sebagai kado ulang tahun istri. Saya sedang dinas keluar kota'. 

Ada pula yang membeli barang dagangan saya untuk kado pernikahan orang tuanya. Ketika saya mendapatkan pesan seperti itu, segera saya membungkus dengan rapih, karena saya merasa ada sisi dimana customer ingin memberi rasa bahagia untuk yang tercinta.

Pada saat saya menerima pesan elektronik yang menyampaikan bahwa barang telah diterima dan di akhir pesan mengucapkan terima kasih, itu membuat saya merasa senang. Saya bahagia karena telah mengantarkan kebahagiaan bagi customer dan rasa itu yang dirasakan customer juga.

Saya pun merasakan bahagia ketika berposisi sebagai customer saat menerima pesanan barang / kiriman barang tanpa cacat / rusak dan juga sewaktu menerima kiriman donasi koin bagi Gerakan Koin Untuk Pendidikan RSKO Jakarta yang diantarkan oleh kurir layanan jasa pengiriman barang/paket. 

Baca juga : Kompasianival Memiliki Andil 8 Tahun Koin Untuk Pendidikan RSKO Jakarta

Menjaga Gerakan Koin Untuk Pendidikan RSKO Jakarta selama 8 tahun (2012 s/d 2020) merupakan cara saya berbagi kebahagiaan dengan menyantuni adik-adik asuh agar dapat menempuh pendidikan secara layak. Memberi tidak harus dengan uang yang bernilai besar dapat pula dengan sekeping koin. Bila banyak orang mengumpulkan koin maka banyak pula nilainya dan akan menimbulkan dampak.

Gerakan ini memberi rasa bahagia bagi adik asuh dan orang tua nya. Selain itu dapat berbagi perasaan bahagia dengan sesama coiners (pendonatur coin) karena bersama-sama dapat membantu masa depan adik asuh.

Tentunya rasa bahagia tersebut ada peran dari kurir layanan jasa pengiriman barang yang menjadi langganan yakni kurir JNE. Pernahkah kita tau perasaan para kurir ketika mengantarkan barang dan diterima kita secara langsung ? saya melihat rasa itu terpancar dari para kurir. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline