Siapa yang tidak kenal dengan BPJS Kesehatan di Indonesia ? Jika tidak dikenal berarti bukan bagian dari peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola BPJS Kesehatan yang mencapai 221.203.615 orang (per September 2019).
Asuransi kesehatan bergaya gotong royong dengan programnya Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) menjadi kartu wajib yang dibawa ketika masyarakat akan mendapatkan pelayanan di Rumah Sakit.
Senin, 16 Desember 2019, sekitar pukul sebelas siang daku melihat - lihat sosial media (sosmed) twitter. Disebelah kanan tampilan twitter terlihat deretan list hastag trending topic. Ada 5 hastag trending topic yang terpampang salah-satunya #BPJSSatu. Hastag tersebut menjadi trending tropic ke-2di Indonesia.
Apa sih #BPJSSatu itu ? kok bisa jadi trending topic Indonesia. Pastinya karena ada pembicaraan dengan jumlah besar yang bergulir di jagat twitter sehingga hastag tersebut menjadi trending topic.
Kata dari hastag #BPJSSatu tersebut bila kita pisahkan menjadi BPJS Satu. Nah ini sepertinya ada hubungannya dengan BPJS Kesehatan. Tapi bagaimanakah pelayanan yang diberikan asuransi kesehatan terbesar di Indonesia ini kepada masyarakat yang berhubungan dengan #BPJSSatu ?
Assisten Deputi Bidang Pengelolaan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan , Dwi Asmariyati, mengungkapkan "BPJS Satu merupakan singkatan dari BPJS Siap Membantu. BPJS Satu merupakan layanan BPJS Kesehatan dimana petugas dari BPJS Kesehatan akan mendatangi pasien yang terlihat membutuhkan layanan informasi dan pengaduandi fasilitas kesehatan "ungkap nya dalam kegiatan temu Blogger dengan BPJS Kesehatan dalam sosialisasi BPJS Satu di Hongkong Cafe, Jakarta (16/12/2019).
Tambah Ibu Dwi, BPJS Satu merupakan rebranding BPJS dalam pemberian layanan informasi dan pengaduan. Sambil bercanda ia berkata saat ini BPJS Kesehatan sudah tidak lagi berhati-hati menggunakan singkatan BPJS Satu karena sudah tidak masa Pemilu.
Lanjut nya BPJS SATU (SIAP MEMBANTU!) merupakan optimalisasi peran petugas Penanganan Pengaduan Peserta di Rumah Sakit melalui Re-Branding pengelolaan pemberian informasi dan penanganan pengaduan yang terintegrasi dengan pengelolaan informasi dan pengaduan Rumah Sakit
Penggunaan 'BPJS Satu' tagline terbaru BPJS Kesehatan ini menurut Ibu Dewi sebagai optimasi peran petugas P3 (Penanganan Pengaduan Peserta) RS dengan rebranding PIPP.
Diharapkan BPJS Satu mendorong kepastian kehadiran petugas P3RS di rumah sakit. Petugas PIPP 'BPJS Satu' akan mengenakan rompi berwana kuning yang dibagian punggung bertuliskan BPJS Satu.