Lihat ke Halaman Asli

Andri Mastiyanto

TERVERIFIKASI

Penyuluh Kesehatan

Percaya Diri dengan Mata Jereng atau Juling

Diperbarui: 30 Juni 2019   20:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Deskripsi : Cintai Diri Sendiri agar Percaya Diri I Sumber Foto : Pixabay

Kalau dibilang tidak ada manusia di dunia yang diciptakan sempurna. Kesempurnaan itu hanya milik ALLOH SWT. Bila ada judul lagu menggunakan kata 'Sempurna' atau bait lagu 'Sempurna' mungkin itu hanya khiasan.

Menurut daku setiap manusia diciptakan 2 hal dengan kelebihan dan kekurangan nya. Bisa jadi, banyak orang yang mungkin termasuk daku sendiri dahulu, segelintir kekurangan yang dimiliki menjadi sebuah masalah besar yang justru menghambat dan mempengaruhi berbagai sisi dalam kehidupan. Keunikan (kekuragan fisik) daku ialah memiliki mata jereng/juling.

Kekurangan fisik biasanya menjadi masalah bagi sebagian orang karena dianggap sebagai modal utama untuk menentukan tingkat kepercayaan diri. Namun, dalam keseharian daku melihat banyak manusia dengan keunikan (kekurangan fisik) mampu memiliki percaya diri yang baik.

Daku sejak balita sudah memiliki mata jereng/juling dan mata malas (salah-satu mata dominan sehingga mengambil alih fungsi mata yang lain). Keunikan mata daku ini membuat masa kecil penuh dengan olok-olok bahkan ada keluarga yang menyebut daku dengan panggilan siwer (jereng).  Tidak hanya jereng plus mata malas, daku saat sekolah memiliki tubuh yang pendek.

Hal ini berdampak pada kejiwaan daku sampai saat ini, tiba-tiba emosi bisa meledak bagaikan tangan yang memegang petasan. Bahkan suatu peristiwa pernah terjadi ledakan emosi yang bisa daku bilang itu dapat mencelakakan orang lain. 

Pada saat kelas 2 SMA, alhamdulillah-nya daku memiliki kelompok teman yang rutin setiap sabtu bermain sepakbola didaerah Ciledug. Mereka tidak pernah memanggil ku dengan kata 'jereng'. Karenanya daku sangat ingin selalu berkumpul dengan teman-teman daku tim main sepakbola itu saat SMA sampai dengan masa kuliah.

Semenjak berkerja dan kemudian melanjutkan kuliah D3 ke S1, kepercayaan diri daku semakin tumbuh. Apalagi saat daku mengambil jurusan Kesehatan Masyarakat peminatan Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Prilaku. Ada beberapa hal yang mungkin bisa daku bagi untuk dipakai individu-individu lain yang memiliki keunikan seperti daku yang juling agar bisa percaya diri.

.

Apa itu Mata Juling?
Lebih dahulu, daku akan membahas mata juling sebelum bagaimana agar bisa percaya diri. Mata juling alias strabismus adalah kondisi di mana posisi kedua mata tidak sejajar, yang menyebabkan tatapan orang tersebut tidak tertuju pada satu obyek di waktu bersamaan. 

Salah satu sisi mata dapat terbalik ke arah luar, dalam, atas, atau ke bawah seperti terdistraksi untuk melihat ke arah lain. Pada banyak kasus, kedua mata akan terbalik secara bergantian.

Mata juling biasanya terjadi pada orang yang memiliki kontrol otot mata lemah atau yang memiliki rabun dekat parah. Dalam banyak kasus, tidak ada penyebab pasti dari kondisi mata ini. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline