TEKNOLOGI DAN TRANSFORMASI KOMUNIKASI: DAMPAK PERKEMBANGAN DIGITAL TERHADAP KEHIDUPAN
Oleh: Muhammad Rakha Arief Rahman
Pendahuluan
Cara kita berkomunikasi telah diubah oleh teknologi di era digital yang semakin berkembang. Dalam artikel ini, kita akan melihat dampak besar dari perkembangan digital pada cara kita berbicara, mengeksplorasi evolusi media sosial, perubahan dalam komunikasi bisnis, masalah etika, efek psikologis, dan dampak pada pendidikan. Kita akan dapat memahami bagaimana teknologi membentuk dan mengubah lanskap komunikasi kita dengan melakukan analisis mendalam.
Evolusi Teknologi Komunikasi
Dari telegraf hingga internet dan smartphone, sejarah teknologi komunikasi mencatat perkembangan luar biasa. Jauh sebelum Alexander Grahambell memperkenalkan telepon, Antonio Meuccci telah mengembangkan ide dasar dari pembuatan telepon, sayangnya Meucci kekurangan dana untuk merealisasikan ide tekenologi telepon yang telah ia tuangkan dalam beberapa tulisannya.
1.Peningkatan Pengguna Media Sosial di Indonesia
Media sosial telah menjadi kekuatan dominan dalam komunikasi modern. Dalam bab ini, kita akan menjelajahi dampak media sosial terhadap interaksi sosial dan bagaimana platform ini membentuk pembagian informasi serta pembentukan opini. Sekarang Indonesia memasuki era teknologi digital. Grafik menunjukkan peningkatan persentase penetrasi internet di Indonesia dari tahun ke tahun. Sebagai hasil dari survei yang dilakukan pada tahun 2016 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (www.kominfo.go.id), jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 143,26 juta orang pada tahun 2017, atau 54,68% dari total penduduk. Menurut data yang dikumpulkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), 87,13% dari pengguna internet menggunakan layanan sosial media. Di sisi lain, berdasarkan pemanfaatan internet untuk tujuan ekonomi, 37,82% dari pengguna internet mencari informasi tentang cara membeli sesuatu, dan 32,19% melakukan pembelian online (Hasil Survey Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia AJII, 2017). Sedangkan, menurut laporan Digital in Southeast Asia 2018 We Are Social, YouTube, Facebook, dan WhatsApp adalah platform media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia.
2.Komunikasi Bisnis dalam Era Digital
Penggunaan teknologi dalam konteks bisnis tidak hanya mengubah cara perusahaan berkomunikasi tetapi juga mendefinisikan strategi pemasaran dan interaksi dengan pelanggan. Sekarang, media sosial telah mengubah cara perusahaan berhubungan dengan karyawan, pelanggan, pesaing, supplier, media, dan semua pihak lain yang mungkin atau mungkin tidak mempengaruhi organisasi (Yang & Lim, 2009). Melalui media sosial, korporasi dan publiknya dapat menjalin hubungan interaktif secara langsung. Media sosial dapat dengan mudah memengaruhi opini publik. Media sosial tidak terikat oleh aturan atau kode etik seperti media konvensional; sebaliknya, mereka memberikan lebih banyak kebebasan untuk berinteraksi. Interaksi di media sosial dapat dilakukan secara langsung dengan laptop, ponsel pintar, atau internet, dan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Media sosial tidak hanya digunakan untuk berjejaring, tetapi juga digunakan untuk kegiatan komersial.