Lihat ke Halaman Asli

Pemanfaatan Danau Situ Gede sebagai Eco-Museum

Diperbarui: 15 Desember 2021   13:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : depokpos.com

Kota bogor adalah salah satu kota yang berada di Jawa Barat. Kota Bogor terkenal dengan sebutan Kota Hujan, selain terkenal dengan sebutannya Kota Bogor juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya yang beragam, salah satu tempat wisata alam yang terkenal di Kotta Bogor adalah Wisata Situ Gede (Danau) Cifor Bogor di Bogor. Situ Gede merupakan nama sebuah danau yang berlokasi di Kelurahan Situgede, Bogor Barat, Kota Bogor. Danau situ gede terletak di tepi Hutan dramaga, hutan tersebut adalah hutan penelitian milik Badan Litbang Kehutanan, Departemen Kehutanan. Danau Situ Gede mempunyai luas sekitar 6 hektar.

Sumber : jejakpiknik.com

Selain itu Danau Situ Gede merupakan tempat rekreasi harian bagi warga Bogor, ditempat ini para pengunjung dapat bermain perahu bebek, memancing, atau berjalan-jalan di kerimbunan hutan yang sejuk sambil menikmati pemandangan yang indah. Danau dan hutan Situ Gede kerap digunakan sebagai lokasi pembuatan film maupun sinetron, karena letaknya yang strategis yang mudah untuk dijangkau dan tempatnya yang terbilang cukup bagus dan menarik membuat para produser film maupun sinetron tertarik untuk menggunakan lokasi disini.

Sumber : Radar Bogor

Situ Gede sebetulnya berdekatan atau berada dalam satu sistem dengan beberapa situ yang lain di dekatnya, seperti Situ Leutik (kini sudah menghilang), Situ Panjang, dan Situ Burung. Yang terakhir ini terletak di Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.

Danau Setu Gede yang memiliki tata letak yang strategis juga beragam tanaman yang menarik. Dengan berbagai keunggulan tersebut Danau Situ Gede memiliki potensi untuk dijadikan sebagai Eco-Museum tanaman. Eco-Museum tanaman ini dapat berisi mengenai berbagai macam tanaman air dan jenis - jenis pohon yang ada di Hutan Situ Gede. Dengan adanya Museum tanaman ini dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan agar berkunjung ke Danau Situ Gede, karena dengan adanya Eco-Museum tanaman ini para wisatawan nantinya tidak hanya dapat berjalan – jalan santai saja sembari menikmati keindagan alam di Danau Situ Gede tetapi para wisatawan pun dapat menambah wawasannya mengenai berbagai macam tanaman yang ada di Danau dan Hutan Setu Gede.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline