Lihat ke Halaman Asli

Rajiv mangruwa

Telkom University

Pelatihan Digital Marketing bersama UMKM STT SOFT Ice Cream

Diperbarui: 21 Juli 2023   10:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Pada Kamis, 08 Juni 2023, telah diselenggarakan Workshop Digital Marketing sebagai bagian
dari kegiatan Pengabdian Masyarakat (ABDIMAS) yang berlokasi di Gedung Manterawu Telkom
University. Tujuan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan ini adalah meningkatkan pemahaman
dan keterampilan dalam pemanfaatan teknologi digital untuk kegiatan pemasaran dan promosi serta
mengoptimalkan UMKM agar meningkatkan daya saing mereka di pasar yang lebih luas.
Tim dari Telkom University melakukan kerjasama dengan salah satu mitra UMKM yang
berlokasi di sekitar Telkom University yaitu, STT Soft Ice Cream. STT Soft Ice Cream adalah Usaha
Mikro Kecil dan Menengah yang bergerak di bidang kuliner khususnya pada makanan yang berupa
Ice Cream. STT Soft Ice Cream memiliki varian rasa ice cream serta toping dan saus yang
meningkatkan cita rasa dari rasa ice cream sehingga menjadi ciri khas dari produk STT Soft Ice
Cream. Gerai STT Soft Ice Cream dapat ditemukan di berbagai daerah Jawa Barat seperti di gerai
Bojongsoang, sekitar Telkom University.


Dalam kegiatan Workshop Digital Marketing dihadiri oleh Kepala Program Studi dari
Administrasi Bisnis yaitu Bapak Syahputra, S.Sos., M.Sc., Ph.D, di dalam sambutannya beliau
mengatakan bahwa "UMKM merupakan backbone atau tulang punggung dari perekonomian
Indonesia." Selain dihadiri oleh Kepala Program Studi Admisntrasi Bisnis yang juga dihadiri oleh perwakilan
dari STT Soft Ice Cream, yaitu Rani Ferani, sebagai Kepala Operasional dari STT Soft Ice Cream
yang berada di gerai Bojongsoang. Sebelumnya tim mahasiswa dari Telkom University telah
berkolaborasi dengan STT Soft Ice Cream dalam memasarkan produk dan mengenalkan UMKM
secara digital melalui aplikasi Instagram. Pada kegiatan Workshop tersebut, mitra UMKM
mengatakan bahwa adanya pengaruh positif terhadap penjualan dan peminat STT Soft Ice Cream
setelah berkolaborasi dengan tim mahasiswa dalam hal pemasaran digital melalui Instagram.
Kegiatan ini memiliki manfaat yang berguna bagi Kepala Operasional dari STT Soft Ice
Cream untuk menunjukkan pentingnya penerapan pemasaran digital pada zaman revolusi industri 4.0.
Pembawa materi menyampaikan bahwa ada sejumlah 175 juta pengguna internet, 160 juta pengguna
sosial media, dan per tahunnya terdapat peningkatan dalam jumlah pengguna internet sekaligus sosial
media. Pernyataan tersebut cukup membuktikan bahwa peluang pada dunia digital itu luas dan masih
dapat digali untuk dimanfaatkan oleh UMKM. Selain ilmu teori, kegiatan ini juga memberikan
keterampilan praktis yang dapat langsung diterapkan dalam kegiatan pemasaran, seperti penggunaan
alat dan platform pemasaran digital berupa sosial media yaitu Instagram dan lain-lain. Kemampuan ini
membantu individu atau UMKM mengelola kampanye pemasaran digital secara lebih efektif dan
efisien.


Di era digital ini, pemasaran digital telah menjadi bagian penting dari strategi bisnis dan
pemasaran. Dengan mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat tentang Digital Marketing, kegiatan
tersebut dapat membantu masyarakat dan pelaku usaha lokal untuk memahami dan menerapkan
konsep - konsep penting dalam pemasaran digital. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat
memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat dalam menggunakan platform digital
dan teknik pemasaran digital. Dengan demikian, mereka dapat meningkatkan jumlah konsumen,
memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan daya saing usaha mereka.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline