Kita ketahui bersama bahwa pendidikan di tanah air ketika masa pandemi covid-19 sangat-sangat memperhatinkan bagi kelangsungan pengembangan baik itu pengetahuan murid-murid kita dan juga karakter yang ada pada diri murid-murid kita.Ketika pandemi melanda di seluruh dunia prose untuk memberikan materi yang sipatnya mendalam kepada murid-murid kita menjadi terbatas.Karena kita harus memikirkan keselamatan untuk semuanya.Begitu juga dengan dunia pendidikan.Hari ini kita harus menggembalikan kembali pendidikan yang sudah jauh dari harapan kita bersama.
Kita sadari secara bersama bahwa"Sehabat apapun tehknologi tidak akan pernah mampu untuk mengantikan sosok se orang guru."Dalam hal ini untuk memulihkan pendidikan menjadi lebih terukur,terarah maka sosok seorang guru sangatlah penting.Guru dalam memberikan suatu pengajaran materi sudah tentu banyak trik-triknya untuk dapat menumbuhkembangkan karakter murid-muridnya yang berbeda-beda latar belakangnya.Aplikasi hanya memberikan pemahaman untuk kita pelajari dan kitalah sebagai seorang pendidik untuk menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan harapan dan keinginan murid-murid kita.
Dalam konteks tentang Kurikulum Merdeka untuk kita ketahui bersama-sama bahwa tujuan utama dari Merdeka Belajar adalah untuk mendorong perbaikan kualitas serta pemulihan dari krisis pembelajaran dimasa pandemi. Jika pemulihan ini tidak segera kita atasi secara bergotong royong bersama,maka pendidikan di Negeri kita akan jauh dari apa yang kita harapkan.
Pada tahun 2022/2023 Kemendikbudristek telah memberikan kewenangan penuh pada satuan pendidikan untuk memilih atau menerapkan Kurikulum Merdeka atas dasar kesiapan dan kesanggupan satuan pendidikan itu sendiri. Di dalam penerapan Kurikulum Merdeka ada tiga keunggulanya bagi satuan pendidikan di antaranya adalah :
1. Kurikulum Merdeka fokus pada materi esensial maksudnya adalah kita sebagai seorang guru tidak terlalu terburu-buru dalam mengajar, dan guru juga dapat memperhatikan proses pembelajaran bagi murid-murid secara mendalam.
2. Kurikulum Merdeka memberikan jam pelajaran khusus bagi pengembangan karakter murid-murid melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
3. Kurikulum Merdeka juga memberikan fleksibilitas bagi satuan pendidikan untuk merancang kurikulum oprasionalnya sendiri dan bagi guru untuk dapat menyesuaikan tingkat pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan dan harapan murid-muridnya.
Kurikulum Merdeka telah memberikan leluasa kepada satuan pendidikan untuk menerapkan dengan tingkat yang berbeda-beda sesuai dengan kesiapannya masing-masing satuan pendidikan.
Untuk mewujudkan semua harapan yang kita inginkan bersama-sama tentang dunia pendidikan,maka dalam hal ini kita tidak berjalan sendiri,akan tetapi kita diberi pemahaman melalui Pelatihan Mandiri di Paltform Merdeka Mengajar(PMM).Untuk mendukung semua ini tentang Kurikulum Merdeka maka kita sebagai pendidik harus siap menerima perubahan yang sesuai dengan zamanya murid-murid kita.Bapak Pahhlawan Pendidikan kita Bapak Ki Hadjar Dewantara berharap agar kita sebagai seorang pendidik dapat memberikan keselamatan kepada murid-murid kita sesuai dengan kodranya,dapat memberikan ilmu yang berfaedah,dapat memberikan kebahagia dan keselamatan kepada murid-murid kita.Kita adalah contoh bagi murid-murid kita,maka dari itu kita harus siap dengan pradigma baru didunia pendidikan.Apa yang kita lakukan hari ini dan akan datang hanya demi harapan murid-murid kita.
Di SD Negeri 010 Kundur Barat Jl.Hang Kasturi Komp.Timah.Tbk Desa Gemuruh Kabupaten Karimun Provinsi Kepualau Riau terus melakukan perubahan untuk memenuhi harapan murid-murid sebagai kelangsungan hidupnya kelak.Harapnya ketika murid-murid kita yang kita berikan pengajaran yang sesuai dengan karakter dirinya dan dengan latar belakang yang berbeda-beda kelak dapat mengenal karakternya sendiri yang ia miliki.Sehingga ketika murid-murid kita kemabali dilingkungan masyarakat ia akan dapat menempatkan dirinya sesuai dengan potensi yang ia miliki.
Untuk mewujudkan cita-cita ini serta harapan murid-murid SD Negeri 010 Kundur Barat kami sebagai Kepala Satuan Pendidikan terus melakukan trobosan baru yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka yaitu Merdeka Bealajar.Agar ini dapat dirasakan oleh semua murid-murid dengan latar belakang yang berbeda serta potensi yang berbeda-beda maka kami melakukan kolaborasi bersama-sama yang peduli terhadap dunia pendidikan.