Lihat ke Halaman Asli

4 Jenis Kayu Tahan Air yang Paling di Rekomendasikan, Kenali Kualitas dan Karakteristiknya!

Diperbarui: 19 Desember 2022   10:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penggunaan material kayu akhir-akhir ini menjadi daya tarik sendiri bagi beberapa aspek tertentu bagi hunian. Terlebih material kayu solid, memiliki tampilan yang mampu meningkatkan daya jual dan rasa nyaman bagi hunian bukan? 

penggunaan kayupun kerap digunakan di area indoor dan outdoor, sehingga pemilihan material kayu wajib dipikirkan. Namun ngomong ngomong soal material kayu, ternyata setiap jenis kayu memiliki karakteristik dan kualitas yang berbeda lho. 

Ada yang kayu tahan rayap, kayu tahan api, kayu tahan banting, hingga jenis kayu tahan air. Tentunya ketahanan tersebut terbagi menjadi beberapa kelas, sebab kayu memiliki 3 kelas yakni kelas I/II dan III.

Menggunakan kayu tahan air, tentunya akan menguntungkan bagi kamu para produsen furniture dan interior hunian. Sebab, kayu akan lebih kuat terhadap cuaca apapun, hingga tahan terhadap kelembaban. Penasaran dengan jenisnya? yuk ketahui jenis kayu tahan air berikut : 

Jenis - Jenis Kayu Tahan Air

1. Kayu Ulin Tahan Air

Salah satu jenis kayu tahan air yang paling populer di Indonesia yakni Kayu Ulin asal Kalimantan. Kayu Ulin termasuk kedalam kayu kelas awet I dan kelas keras I, dimana kelas tersebut sangatlah tinggi.

Tak heran, jika kayu ulin masuk kedalam jajaran kayu tahan air paling atas, bahkan kualitasnya kerap dimanfaatkan untuk bahan keras, seperti bahan perkapalan, jembatan, decking hingga lantai kayu lho.

Tak hanya kualtiasnya saja yang sempurna, tampilan kayu ulinpun sangat estetik. Dimana, kayu ini memiliki warna serat cokelat keemasan, dan akan berubah pekat seiring penggunaannya.

2. Kayu Jati Tahan Air

Siapa yang tak asing dengan kayu satu ini, yaps Kayu Jati. Jenis Kayu satu ini masuk kedalam kayu tahan air lho, bahkan tahan terhadap rayap. Kualitas inilah yang membuat kayu jati sangat populer dikalangan masyarakat elit. 

Bahkanwarna kayu jati yang cantik dan estetik, menjadi daya jual tinggi bagi penggunaannya. Biasanya kayu tahan air ini, kerap dimanfaatkan untuk beberapa manfaat, seperti bahan furniture, mebeul, interior, kerajinan bahkan lantai kayu hunian. 

Baca Juga : Tipe & Harga Lantai parket Kayu Jati berbagai ukuran

Kualitas tahan air dari kayu jati, mampu memperpanjang kayu hingga puluhan tahun tanpa khawatir mengenai pemudaran tampilan. Tentunya, kayu tahan air ini sangat direkomendasikan.

3. Kayu Bengkirai Tahan Air

Jenis kayu tahan air selanjutnya yakni Kayu Bengkirai, sama seperti kayu ulin yang berasal dari kalimantan. Kayu satu ini memiliki tampilan yang lebih estetik. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline