Lihat ke Halaman Asli

Raja Musa

mahasiswa

Dampak Game Online

Diperbarui: 23 Mei 2021   05:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Siapa yang tidak tahu dengan game online?

Game  yang lagi digandrungi oleh banyak orang dari berbagai kalangan usia, dari yang sudah dewasa hingga anak-anak juga tidak luput di dalamnya. Namun apakah kamu tahu apa game online itu? Game online adalah permainan daring yang memanfaatkan jaringan internet serta selalu menggunakan teknologi terbaru. Maka tidak heran jika perkembangan game online menjadi salah satu penentu atas adanya perkembangan jaman pada masa saat ini.

Jenis dari game online itu sendiri sangat beragam, dari mulai yang mudah dan dapat diakses halayak umum sampai dengan game yang memiliki tingkat kesulitan tinggi dan tidak sembarangan orang dapat memainkannya. Cara kerja dari game online itu sendiri yaitu menciptakan visual dari dunia nyata seolah olah pemain sedang diarenanya langsung sehingga kadang pemain tidak bisa membedakan antara dunia nyata dan dunia game. 

Tidak hanya itu, game online menggunakan cara kerja otak kanan dan otak kiri dari sang pemain menyebabkan segala konsentrasi pemain hanya pada game itu sendiri, maka tidak jarang ditemukan orang yang daya kepekaan sekitarnya berkurang saat sedang memainkan game online. Dalam dunia game online lawan dan kawan merupakan ikon yang di kendalikan oleh manusia asli, menambah daya realistisnya dunia yang di mankan itu.

Memang game online mengajarkan pemain untuk berpikir keras untuk mencari strategi dan memenangkan permainan serta melatih keseimbangan otak kanan dan otak kiri. Namun, ada dampak lain dari memainkan game tersebut, yaitu: hilangnya kepekaan terhadap lingkungan sekitar, menjadi pribadi yang introvert, apatis, penyakit mata hingga dapat menyebabkan kelainan mental, serta pemain dapat menjadi kecanduan.

Radiasi yang terdapat pada smarphon/pc juga saat berbahaya jika dikonsumsi berlebihan tanpa adanya perlindungan yang memadai. Radiasi HP dapat menyebabkan syaraf-syaraf yang ada pada kepala, otak, wajah, menjadi tegang hingga menyebabkan aliran darah tidak dapat tersalurkan dengan baik hal itu dapat menyebabkan daya imun tubuh melemah, mudah lelah, gelisah hingga insomia serta penyakit lainnya.

Kecanduan pada game online biasa disebut dengan gaming disorder. Gaming disorder adalah kondisi dimana ketika seseorang itu tidak dapat mengontrol kegiatan bermain game. Pengidap kelainan ini menjadikan game sebagai prioritas tertinggi daripada kegiatan lainnya. Kondisi ini dapat meyebabkan dampak degatif dalam kehidupan sang pengidap akibat kecanduan game online. Cara untuk menyembuhkannya juga tidak mudah, pengidap harus dapat mengatasi keinginannya untuk bermain game serta harus melakukan terapis lain-lainnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline