Lihat ke Halaman Asli

Pengabdian Tim PKM-PM Bluetanics IPB di Yayasan Bina Tauhid (Darul Miftahudin) bagi ODGJ Melalui Plant Therapy

Diperbarui: 6 Juli 2024   13:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bluetanics merupakan program pengabdian yang dirancang oleh tim PKM-PM IPB dengan sasaran Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) berupa penguatan self confidence dan catharsis melalui plant therapy. Plant therapy terbukti dapat mengurangi stres dan meningkatkan kepercayaan diri hingga harga diri bagi ODGJ. Metode ini dapat menjadi catharsis atau penyaluran emosi negatif. Adapun program yang dirancang memiliki tujuan agar ODGJ dapat memiliki keterampilan serta kontrol emosi yang baik pasca rehabilitasi.

Pengabdian oleh mahasiswa IPB ini dilaksanakan di Yayasan Bina Tauhid (Darul Miftahudin) yang berlokasi di Desa Hambaro Kec. Nanggung Kab. Bogor. Yayasan ini merupakan salah satu tempat rehabilitasi pasien ODGJ. Pak Ropiudin Sukarta Dirdja selaku Ketua Yayasan mengatakan "Metode pemulihan yang diberikan Yayasan kepada pasien berupa 75% zikir, 25% medis, dan selebihnya kegiatan rutin seperti senam di hari Selasa dan Jumat. Pasien lebih banyak berkegiatan bebas ketika selesai makan pagi di pukul 08.30 WIB setiap harinya" Rabu (9/5/2024). Hal ini yang menjadi alasan mahasiswa IPB memilih Yayasan tersebut untuk dilaksanakan pengabdian karena metode pemulihan yang diberikan masih terbilang tidak terlalu mendukung dalam menunjang proses pemulihan yang lebih baik.

Program yang diberikan kepada pasien di Yayasan oleh mahasiswa IPB berupa metode plant therapy dengan media tanam hidroponik. Adapun manfaat serta tujuan dari kegiatan tersebut yaitu: (1) Meningkatkan self confidence pada ODGJ dengan mengoptimalkan pelayanan rehabilitasi pada ODGJ; (2) Meningkatkan kemampuan kognitif diri tentang emosi dan perasaan (catharsis), seperti melepaskan emosi yang terpendam dan  memahami  delusi yang tidak nyata  pada ODGJ; (3) Meningkatkan keterampilan dan fungsi sosial pada ODGJ dengan menyediakan fasilitas kegiatan melalui metode plant therapy pada ODGJ untuk pengoptimalan rehabilitasi dan penanganan pasca rehabilitasi.

Pada awal kedatangan hingga berlanjutnya program tampak antusias dari seluruh pengurus serta pasien yang berada di Yayasan. Hal tersebut tentu menjadi semangat bagi para mahasiswa IPB dan harapannya program yang diberikan dapat membawa kebermanfaatan bagi Yayasan untuk terus melanjutkan program yang ada dan bermanfaat bagi proses pemulihan pasien.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline