Lihat ke Halaman Asli

Kekuatan Kuda Tix Nonton Maroon 5

Diperbarui: 26 Juni 2015   06:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Java Musikindo. FOTO: javamusikindo.com

[caption id="" align="alignleft" width="379" caption="Java Musikindo. FOTO: javamusikindo.com"][/caption] Adrie Subono memang punya banyak ide untuk mendatangkan artis mancanegara hadir ke Indonesia. Rasanya ia memiliki segudang trik untuk merayu para penyanyi solo dan grup luar negeri agar bisa menghibur masyarakat Indonesia, terutama kawula muda. Konser terdekat yang akan digelar promotor di bawah bendera Java Musikindo itu adalah Maroon 5 pada 27 April mendatang. Tiket seharga ratusan ribu rupiah sudah ludes terjual. Java Musikindo masih memegang beberapa tiket untuk dilempar ke calon penonton lewat kuis. Adrie menggunakan akun Twitter-nya @AdrieSubono untuk memberikan tiket gratis. Salah satu caranya adalah mengadakan KUDA, singkatan dari KUis DAdakan. Lewat satu tweet-nya yang maksimal 140 karakter itu, ayah Melanie Subono itu memancing lebih dari 418.000 followernya untuk menjawab pertanyaan. Sebelum KUDA dimulai, Adrie bertanya ke follower, "nungguin KUDA (KUis DAdakan) tiket nonton GRATIS Maroon5 ga ...?" Tentu, tweet seperti ini akan dibalas 'anggukan kepala' melalui mention tweet followernya. Selang beberapa jam, pria bertopi ini meluncurkan tweet berhadiah. Kalimatnya cukup khas dan selalu berulang tiap menjelang konser musik garapannya. "KUDA tix ntn Maroon5: sebut nm vokalis Band yg manggung di Istora 27/4 nanti, jwb pake #javamusikindo11 smp jm 7 mlm, max tweet 10X," tulis Adrie dalam akun Twitter-nya. Di awal tweet-nya, Adrie memastikan kuis mendadak itu berhadiah tix (alias tiket) nonton konser Maroon 5. Diikuti pertanyaan yang mudah dijawab para penggemar band yang diundang. Adrie juga mengingatkan lokasi dan waktu konser musiknya. Dengan hashtag #javamusikindo, secara ga langsung Adrie memastikan konser ini bisa terjadi berkat kerja keras Java Musikindo sebagai promotor. Tak lupa, ada waktu deadline-nya. Jika dihitung-hitung, durasi KUDA tix nonton konser gratis ini sekitar 2 jam.  Keponakan mantan Presiden RI BJ Habibie ini hanya nge-tweet KUDA sebanyak 3 kali. Yang menarik adalah Adrie membatasi jumlah tweet untuk menjawab KUDA-nya, yakni maksimal 10 kali. Kalau 200.000 followernya mengirimkan tweet maksimal 10 kali, berarti ada 2 juta tweet menjawab tiga tweet Adrie Subono tentang KUDA. Akibatnya, kata-kata jawaban KUDA dan hashtag dalam tiap tweet follower-nya Adrie Subono menjadi Trending Topic atau TT beberapa jam terakhir. Saat tulisan ini dalam pengerjaan, Adam Levine (vokalis Maroon 5) dan #javamusikindo11 jadi TT Twitter di seluruh dunia. Keduanya mengalahkan kata-kata Malaysian Grand Prix! Lebih dari itu, Adrie Subono sukses memperkenalkan ke seluruh dunia, bahwa ada konser Maroon 5 di Jakarta dengan promotor Java Musikindo. Selamat buat mas Adrie! Kekuatan tweet dan hashtag memang sangat membantu promosi sebuah kegiatan dan perusahaan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline