Lihat ke Halaman Asli

Raja Lubis

TERVERIFIKASI

Pekerja Teks Komersial

Grand Final Lagi, Seharian Ikut Liga KOMiK 2023

Diperbarui: 17 Desember 2023   11:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Panita dan Grand Finalist Liga KOMiK 2023 berfoto bersama seusai acara/KOMiK

Saya bisa paham kenapa Prabowo dibilang tidak bisa mengendalikan emosi ketika debat Capres beberapa waktu lalu, padahal ini kali ketiga bagi beliau. Mungkin beliau tetap deg-degan sebelum debat dimulai. Yang sayangnya, rasa deg-degan itu masih terbawa hingga ke arena pertandingan dan berpengaruh pada pengendalian emosi diri.

Ya, saya mengikuti tiga kali Liga KOMiK dan ketiga kalinya juga masuk Grand Final. Dan rasa-rasanya deg-degan itu masih saja ada. Tapi bedanya, saya berusaha untuk keep calm ketika sudah memasuki arena pertandingan. Dan mengikuti babak demi babak dengan semampunya.

Ini cerita saya mengikuti Liga KOMiK 2023 yang kali ini digelar seharian penuh.

Liga KOMiK adalah turnamen cerdas cermat online tentang perfilman dan tetek bengeknya. Ajang ini diselenggarakan oleh KOMiK yang sudah 3X memenangkan Best Community Award di ajang Kompasianival.

Liga KOMiK 2023 yang dilaksanakan seharian penuh pada Sabtu, 16 Desember 2023 ini, merupakan penyelenggaraannya yang ke-4. Itu artinya saya absen sekali pada liga ini, yakni pada Liga KOMiK 2022.

Babak penyisihan dimulai

Pada Liga KOMiK 2023 terdapat 16 tim yang akan bertanding. Masing-masing tim terdiri dari 3 orang. Berarti ada 48 orang yang siap memperebutkan piala bergengsi Liga KOMiK 2023.

Aturan dari babak penyisihan adalah masing-masing anggota tim wajib menyelesaikan 10 soal yang dibagi menjadi dalam 2 sesi. Setiap anggota tim akan mendapat set soal yang berbeda. Yakni set A, set B, dan set C.

Skor yang diperoleh masing-masing anggota tim akan diakumulasikan menjadi skor tim. Yang nantinya akan diurutkan dan dipilih 6 tim teratas untuk masuk ke babak semifinal.

Babak ini sebetulnya belum menguji kekompakan tim. Jadi masing-masing anggota harus bertanggung jawab terhadap set soalnya sendiri. Karena pernah terjadi, ada satu anggota dari satu tim menjadi salah satu yang tertinggi di antara semua peserta, tapi karena dua lainnya mendapat skor yang cukup rendah, alhasil tim tersebut tidak lolos ke babak selanjutnya.

Oia, saya perkenalkan dulu tim kami yang bertanding di Liga KOMiK 2023. Saya sendiri Raja Lubis sebagai anggota 2 yang akan mengerjakan soal set C. Ditemani oleh Arya Pratama Putra sebagai ketua tim yang akan mengerjakan soal set A. Dan Dwi Pria Nugraha sebagai anggota 1 yang akan mengerjakan soal set B.

Kami menamai tim kami dengan '3 Dara', sebuah judul film komedi Indonesia rilisan tahun 2015 yang dibintangi oleh Tora Sudiro, Adipati Dolken, dan Tanta Ginting. Nama ini juga kami gunakan ketika pertama kali mengikuti Liga KOMiK dan berhasil sampai mendapat posisi jawara.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline