Lihat ke Halaman Asli

Raja Lubis

TERVERIFIKASI

Pekerja Teks Komersial

JNE Peduli Seniman Disabilitas

Diperbarui: 25 September 2023   17:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dari kiri ke kanan, Ardho Ardana (Co-Founder Grammars), Kurnia Nugraha (Media Communication Dept. Head JNE), Imaniar (Creative Director Tab Space), Yohan (Co-founder Monkey Cycle) menerima merchandise spesial kolaborasi JNE & Tab Space/doc.JNE

Ada dua film Indonesia yang menurut saya bisa meningkatkan awareness terhadap keberadaan teman-teman penyandang disabilitas di sekitar kita.

Pertama, film Jingga karya Lola Amaria yang tayang pada tahun 2016. Film ini berkisah tentang anak-anak SMA yang tunanetra atau tidak bisa melihat. Ada yang buta dari lahir, ada pula yang setelah dewasa yang disebabkan karena suatu hal. Mereka semua menjalani kehidupan layaknya manusia pada umumnya dan memiliki kemampuan dan cita-cita dalam hal bermusik.

Film kedua adalah Dunia Tanpa Suara yang digarap apik oleh Hanung Bramantyo. Film yang tayang Juli 2023 ini berkisah tentang seorang perempuan teman tuli yang bercita-cita menjadi penulis terkenal. Ia menjalani serangkaian proses menuju cita-citanya tersebut, meski tak jarang penuh liku.

Kesamaan dari kedua film tersebut adalah soal sudut pandang sutradara terhadap teman disabilitas. Yakni bukan perkara mengasihani karena kondisi fisik mereka yang berbeda, tapi lebih ke memberikan ruang dan kesempatan untuk mereka membuktikan kalau penyandang disabilitas juga punya karya yang bisa dibanggakan.

Kolaborasi dengan Tab Space, JNE peduli seniman disabilitas

Soal ruang dan kesempatan inilah, yang sangat disadari penuh oleh #JNE sebagai perusahaan logistik terbesar di Indonesia. JNE terus berkomitmen mendukung berbagai program untuk memajukan bangsa serta menebar manfaat sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya.

Kali ini JNE bergerak ke Bandung. Berkolaborasi dengan Tab Space menggelar kegiatan yang diberi nama 'Open New Tab'.

Ada beberapa kegiatan atau aktivitas yang dilaksanakan dalam program Open New Tab. Beberapa di antaranya adalah membuat custom postcard di stamping & stencil section, pembelian merchandise exclusive kolaborasi Tab Space & JNE, workshop wrapping pengiriman paket di JNE Magic Box, dan Talkshow Inspiratif bertajuk "TALK: Whats s Tab".

Kegiatan #OpenNewTab yang dilaksanakan di Grammars, Jl. Cihapit No. 6 Bandung ini, sangat menarik karena menampilkan karya-karya hasil dari kreativitas seniman disabilitas.

Lha kok bisa? Ya, sekadar informasi, Tab Space adalah sebuah organisasi sosial di Bandung yang memproduksi karya-karya seni yang dibuat oleh para seniman #disabilitas.

Tab Space fokus mendukung seniman disabilitas agar mereka dapat memiliki peran dalam ekosistem masyarakat dan juga bisa menghasilkan pendapatan bagi kehidupan mereka sendiri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline