Lihat ke Halaman Asli

Raja Lubis

TERVERIFIKASI

Pekerja Teks Komersial

Aneka Sajian Kue Lebaran, Mana Paling Diminati?

Diperbarui: 21 April 2023   15:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Alhamdulillah, siap gemuk/Raja Lubis

Alhamdulillah. Hari ini adalah Ramadan terakhir. Kita berbahagia menyambut lebaran Idulfitri esok hari. Tapi juga sedih karena kita akan meninggalkan Ramadan. Semoga kita masih diberi kesempatan untuk bertemu Ramadan selanjutnya.

Dalam menyambut lebaran, sudah menjadi tradisi di sebagian besar masyarakat Indonesia menyambutnya dengan silaturahim dari rumah ke rumah.

Nah, dalam rangka menjamu tamu yang datang, biasanya kita mempersiapkan aneka jamuan termasuk kue-kue khas lebaran.

Kue yang disajikan pun beragam jenisnya. Ada yang mempertahankan kue-kue tradisional dari masing-masing daerah. Tapi ada juga yang menyediakan kue-kue umum yang seakan sudah menjadi khas di lebaran.

Aneka sajian kue lebaran di rumah saya

Kue hasil kreasi my mom/Raja Lubis

Di saat saya menulis artikel ini, ibu saya sedang sibuk-sibuknya mengaduk tepung terigu, mentega, telur, dan bahan lainnya menjadi adonan kue.

Kue pertama yang biasa dibuat adalah kue bolu. Maklum, kami sekeluarga pencinta kue bolu. Apalagi kalau buatan sendiri, tekstur bolunya itu sangat padat. Soalnya beberapa kali pernah beli bolu di toko-toko, rerata isinya kempes, udara doang.

Selain bolu, kami juga membuat kue-kue khas lebaran seperti kue semprit, kue kacang, nastar, kastengel, putri salju, telur gabus, dan lain-lain.

Mana yang paling diminati?

Sebelum saya yang menjawab, saya akan ajak dulu menelusuri hasil survei GoodStats tentang ini. Saya yakin hasilnya akan mengejutkan.

Hasil survei GoodStats menempatkan kastengel di tahta tertinggi sebagai kue kering pilihan orang Indonesia saat Idulfitri 2023. Persentasenya mencapai 35%. Artinya lebih dari sepertiga responden yang memilih kastengel sebagai kue kering paling favorit.

Sementara nastar yang seringkali disebut sebagai jawara kue kering lebaran, ternyata menempati urutan kedua dengan selisih 8% saja dari kastengel.

Selanjutnya berturut-turut ada putri salju (11%), kue kacang (7%), kue semprit (6%), dan lainnya (3%).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline