Lihat ke Halaman Asli

Raja Lubis

TERVERIFIKASI

Pekerja Teks Komersial

Membanggakan, Begini Kiprah Indonesia di Asian Film Awards

Diperbarui: 15 Januari 2023   17:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Still adegan Opera Jawa yang dibintangi Puteri Indonesia Artika Sari Devi/asiapacificscreenawards.com

"Total sudah 3 piala yang diraih Indonesia. Dan pernah 2 kali mencatatkan nominasi Best Film Asian Film Awards"

Asian Film Awards (AFA) adalah salah satu festival film internasional yang didedikasikan untuk menghormati karya sinema terbaik dari negara-negara di Asia.

Penghargaan ini diinisiasi oleh Persatuan Festival Film Internasional Hong Kong yang memulai memberikan penghargaan pertamanya pada tahun 2007.

Sampai saat ini Asia Film Awards sudah memasuki penyelenggaraannya yang ke-16, yang akan dirayakan pada Maret 2023 mendatang.

Bagaimana kiprah film dan sineas Indonesia di ajang bergengsi ini?

Dimulai oleh Garin Nugroho

Pada penyelenggaraan AFA yang pertama, film Indonesia sudah berhasil masuk nominasi tertinggi di ajang ini. Lewat film Opera Jawa, film arahan Garin Nugroho ini berhasil masuk nominasi Best Film.

Selain Best Film, Opera Jawa juga berhasil meraih satu nominasi lagi untuk Best Composer. Dan yang membanggakan, kategori ini berhasil dimenangkan oleh Opera Jawa.

Tentunya penghargaan Best Composer yang diterima oleh Rahayu Supanggah ini menjadi penghargaan pertama bagi Indonesia di Asian Film Awards.

Kesuksesan dua nominasi di ajang AFA pertama, diulang oleh Indonesia pada penyelenggaran AFA ke-3 tahun 2009 dan AFA ke-5 tahun 2011.

Pada AFA ke-3 tahun 2009, film Laskar Pelangi arahan Riri Riza berhasil masuk nominasi Best Film dan Best Editor. Sementara pada AFA ke-5 tahun 2011, dua nominasi diberikan oleh film Madame-X pada kategori Best Supporting Actress (Shanty Paredes) dan Best Production Design (Eros Eflin).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline