Lihat ke Halaman Asli

RAJA HENDRASINABUTAR

karyawan swasta

Teladan Yesus (Markus1:35-39)

Diperbarui: 3 Oktober 2023   23:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Kita akan membahas Injil Markus 1:35-39. Lembaga Alkitab Indonesia memberi judul "Yesus mengajar di kota-kota lain".

1. Hal  Berdoa (Ayat 35-37)

Kita telah mengetahui bahwa pada hari Sabat sebelumnya pekerjaan Tuhan sangat berat. Dari pagi sampai petang tidak ada kesempatan bagi-Nya untuk beristirahat. Sampai matahari terbenam pun masih banyak orang yang meminta kesembuhan dan sebelum matahari terbit, Ia sudah bangun lalu pergi ke tempat yang sunyi untuk berdoa.

Perhatikanlah bahwa Yesus mengutamakan doa. betapapun berat pekerjaan yang harus diselesaikan-Nya, Ia tidak pernah lalai untuk berdoa pada malam hari, meskipun hal itu mengurangi waktu tidur-Nya. Ia merasa perlu untuk dikuatkan lagi, maka Ia pergi berdoa sebelum meneruskan perjalanan-Nya. Jikalau Yesus, Anak Allah itu, sangat mementingkan doa, terlebih lagi kita, yang penuh dengan kelemahan. 

Dalam ayat.35 disebutkan, Ia pergi untuk berdoa secara pribadi. Ia berdoa, seorang diri, untuk memberikan teladan kepada kita mengenai berdoa secara diam-diam. Meskipun sebagai Allah Ia menerima doa, sebagai manusia Ia memanjatkan doa. Meskipun Ia memuliakan Allah dan berbuat baik melalui pekerjaan-Nya didepan umum, Ia masih menyediakan waktu untuk menyendiri bersama Bapa-Nya. Karena demikianlah sepatutnya Ia menggenapi seluruh kehendak Allah. Sekarang mari kita perhatikan:

  • Saat ketika Yesus berdoa.
  • Ia berdoa pagi-pagi benar, pagi setelah hari Sabat. Ingatlah bahwa ketika hari Sabat telah berlalu, janganlah berpikir bahwa kita boleh menghentikan saat teduh kitasampai hari Sabat berikutnya. Tidak, meskipun kita tidak pergi ke rumah ibadat, kita harus tetap datang kepada Bapa setiap hari, terutama pada pagi hari. Pagi itu adalah hari pertama dalam minggu itu, yang dikuduskan-Nya dan dibuat-Nya luar biasa dengan cara bangun pagi-pagi benar.
  • Hari masih pagi, jauh sebelum siang. Ketika yang lain masih terlelap di tempat tidur, Ia berdoa, sebagai seorang Anak Daud sejati yang mencari Allah pagi- pagi benar, yang mengangkat doa di pagi hari dan terjaga di tengah malam untuk menaikkan syukur. Ada ungkapan kuno yang mengatakan, Pagi hari adalah sahabat bagi Muses (dewa-dewa seni dan ilmu pengetahuan)- Aurora Musis amica. 
  • Tempat dimana Ia berdoa. Yesus pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana. Ia mengasingkan diri, untuk memberikan teladan tentang peraturan-Nya bagi kita, Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu. Kita harus terus memelihara persekutuan dengan Dia. Dia bekerja di tengah-tengah umat, tetapi Dia tidak berdoa sebagai salah seorang Israel di tengah-tengah umat Israel. Sebaliknya, Ia meninggalkan umat dan berdoa dalam kesunyian. Bagi Yesus tempat sunyi adalah bait Allah. Disana Ia bertemu dengan Bapa-Nya secara akrab.    

2. Tugas dan Tanggung Jawab Yesus Di Dunia (Ayat 38)

Tuhan Yesus memberikan sebuah teladan tentang apa yang dilakukan-Nya ketika mengawali hari. Hal pertama yang dilakukan-Nya adalah bersekutu dengan Bapa. 

Hal ini menjadi sebuah disiplin rohani yang dilakukan dengan tekun. Yesus mengawali hari-Nya dengan langsung berkomunikasi dengan Bapa-Nya. Yesus memperlihatkan harmonisasi antara doa dan kerja. 

Kehidupan Yesus adalah contoh bagi kita sebagai para pengikut-Nya. Ia meneladankan bagi kita untuk menjalin relasi dan komunikasi dengan Bapa secara terus-menerus. Akhirnya Simon dan kawan-kawannya menemukan Yesus. Sapaan mereka menunjukkan betapa mereka tidak memahami Dia. Mereka memberitahukan kepada Yesus bahwa semua orang mencari-Nya. 

Mereka mengira Dia tidak mau menemui orang-orang itu; mereka tidak menyadari bahwa Yesus tetap memikirkan orang banyak, juga ketika wajah-Nya dipalingkan kepada Bapa-Nya. Tetapi sikap Yesus yang sebenarnya tampak dari jawaban-Nya. "Marilah kita pergi.....ke kota-kota yang berdekatan".yesus tidak meninggalkan Kapernaum dengan maksud menghindari orang. Sebaliknya Dia malah hendak mencari dan memperhatikan penduduk kota-kota dan desa-desa (komopoleis) di wilayah Kapernaum, yang jumlahnya lebih besar daripada jumlah penghuni kota induk itu sendiri.

3. Pelayanan Yang Dilakukan Yesus (Ayat 39)  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline