Lihat ke Halaman Asli

rajaf syai

sang pengembara

Memupuk Minat Baca Sejak Dini, PMM Kelompok 38 Merintis Pojok Literasi di TPQ

Diperbarui: 2 Juli 2021   20:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyusunan buku di rak "Pojok Literasi"/Dokpri

 

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Kelompok 38 Gelombang 9 kembali melanjutkan semangat pengabdiannya kepada masyarakat RT 01 , Desa Junrejo, Kec Junrejo, Batu, JawaTimur , melalui pengadaan kegiatan yang diberi nama "Pojok Literasi" di Taman Pendidikan Quran (TPQ) Nurul Islam, Junrejo pada Selasa lalu (29/06/2021).

                Gagasan tersebut muncul dari diskusi kelompok karena keprihatinan melihat animo atau hasrat masyarakat Indonesia yang masih rendah minat bacanya dibandingkan negara lain di Dunia. Usia Dini yang merupakan usia emas untuk membentuk karakter dirasa sangat tepat untuk  memulai sekaligus mengasah minat baca pada seseorang. Masa kanak-kanak dan Remaja juga memiliki waktu luang lebih yang kerap terlewatkan dengan kegiatan yang sia-sia. Sehingga, melalui "Pojok Literasi" ini minat bahkan hobi untuk membaca buku bisa diharapkan bisa tumbuh dan bertahan sampai dewasa kelak.

"Seperti yang kita tahu...Buku adalah jendela dunia, artinya semakin banyak buku yang kita baca, maka semakin tidak asing dan siap diri kita menghadapi perubahan dan perkembangan pengetahuan di Dunia luar" ucap Lutfi, Koordinator Acara kelompok PMM tersebut, dengan mantap

                Buku yang ada dalam rak tersebut berasal dari hasil Open Donasi selama 2 minggu yakni mulai 7 -- 20 Juni 2021, yang kemudian dikumpulkan secara kolektif dari donatur yang budiman untuk disumbangkan. Walaupun terbilang buku yang tidak baru, namun semua buku layak baca dan dalam kondisi sampul yang masih bagus, yang terpenting lagi segmentasi dari buku-buku tersebut beragam mulai dari Buku Cerita anak, Pengetahuan Umum dan Buku bacaan Islami dengan menggunakan bahasa yang mudah dicerna untuk kalangan pelajar, khususnya murid TPQ tersebut.

Foto bersama dengan Ustadzah TPQ Nurul Islam/Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline