Lihat ke Halaman Asli

Raja Dongan

Mahasiswa Teknik Mesin

Mahasiswa KKN Mandiri Untag Surabaya: Lansia dan Ibu Rumah Tangga Produktif dengan Berhidroponik

Diperbarui: 29 Juni 2022   23:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumen pribadi

 Sidoarjo, 25 Juni 2022-Kuliah kerja Nyata atau lebih dikenal dengan sebutan KKN merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang wajib dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya setiap tahunnya. 

Pandemi COVID-19 memang sedikit pengubah bentuk dan pelaksanaan KKN  yang biasanya terlaksana di desa-desa tertinggal yang jauh dari tempat tinggal mahasiswa, tetapi untuk disaat sekarang ini KKN dilaksanakan secara mandiri dengan lokasi yang tidak jauh dari tempat tinggal mahasiswa. 

KKN Mandiri ini tentu bukan hal mudah untuk dilakukan, tetapi keadaan ini tidak melunturkan semangat kami para mahasiswa untuk terjun dan membantu memberikan solusi kepada masyarakat sekitar tempat tinggal kami untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

Pandemi Covid 19 berdampak besar terhadap tatanan kehidupan masyarakat seperti kesehatan, ekonomi dan juga sosial. salah satu kelompok masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 adalah lansia dan ibu rumah tangga. 

Hampir selama kurang lebih 2 tahun ini covid-19 menghambat dan membatasi ruang gerak dan mobilitas sosial  masyarakat. Ketakutan akan penularan penyakit yang diakibatkan Covid-19 menghambat ruang lingkup kegiatan secara khusus bagi para lansia dan juga ibu rumah tangga. 

Lansia merupakan kelompok masyarakat yang paling rawan akan penularan virus Covid-19 ini. Di lingkungan Jl.Dempo RT 005/RW 008 Kepuh Kiriman kecamatan Waru kabupaten Sidoarjo, kelompok lansia dan ibu rumah tangga mempunyai semangat untuk bangkit dari efek pandemi Covid-19 dan kembali produktif.

Untuk membantu merealisasikan semangat yang  sudah kembali tumbuh tersebut, Mahasiswa KKN Mandiri Untag, Raja Dongan Damita Simanungkalit, Dari program studi Teknik Mesin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 

yang dibimbing oleh Ibu Etik Darul Muslikah, S.Psi., M.Psi selaku dosen pembimbing lapangan yang membantu mengkoordinasikan dan merealisasikan kegiatan KKN yang berjudul "Sosialisai Dan Pelatihan Pemanfaatan Metode Menanam Dengan Hidroponik Bagi Ibu Rumah Tangga dan Lansia Demi Meningkatkan Produktivitas Warga".

Dokpri

 

Raja Dongan Damita Simanungkalit membantu untuk membangun instalasi hidroponik dari pipa PVC dan Paralon. Instalasi ini adalah unit utama untuk dalam program KKN Mandiri tersebut. Intsalasi hidroponik inilah yang akan diberikan kepada warga lansia dan ibu rumah tangga untuk membantu merealisasikan semangat  kembali produktis. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline