Lihat ke Halaman Asli

Program Pembinaan Usia Muda, Benarkah Ada?

Diperbarui: 25 Juni 2015   04:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Cukup sering terdengar program pembinaan usia muda telah dilakukan PSSI mulai dari media sosial seperti kompasiana ini hingga forum-forum yang memiliki kanal olahraga khususnya sepakbola. Saya pribadi sudah meyakini hal tersebut merupakan program yang sangat baik  yang telah dilakukan PSSI era Bapak Djohar Arifin walaupun hanya lewat membaca saja tanpa terlibat langsung/sebagai pelaku di dalamnya.

Namun ada yang janggal ketika saya sedang browsing di salah satu media online menemukan satu berita yang diungkap oleh legenda sepakbola kita yakni bang Ricky Yakob, dengan link sbb:

http://www.tribunnews.com/2012/05/04/ricky-yacobi-pssi-tidak-punya-wadah-kompetisi-jelas

Bang Ricky Yacob sangat jelas mengungkapkan fakta bahwa bibit-bibit muda sepakbola kita telah banyak tertampung dalam Sekolah SepakBola (SSB) namun ia mengungkapkan kegelisahan terhadap PSSI seperti yang ia katakan, " Saya melihat PSSI tidak mempunyai wadah kompetisi yang jelas di setiap kelompok umur dst dst ( kelanjutan perkataannya bisa disimak di Link atas).

Memang berita tsb diungkap tanggal 4 mei 2012 namun sepertinya tidak terlalu 'basi' mengingat persoalan yang  hendak dipertanyakan  masih menunjukkan hal yang sama. Saya jadi bertanya, benarkah program pembinaan usia muda PSSI telah dilakukan? Apakah kriteria utama dalam pembinaan usia muda adalah membentuk timnas kelompok umur (KU)(U-15, U-17, U-19, U-21 dll) dan mengikutsertakan mereka dalam sebuah turnamen?

Sebagai seorang yang suka bola dengan minim wawasan saya sangat meyakini bahwa suatu pembinaan apalagi kelompok umur sangat diperlukan suatu kompetisi yang berkelanjutan, di sanalah tempat menimba ilmu dan pengalaman serta mengasahnya. Bila kompetisi telah berjalan baik dan berkelanjutan, barulah PSSI bisa memetik hasilnya berupa pemain yang mumpuni.

Bila  apa yang dikeluhkan oleh bang Ricky Yacob benar adanya, jadi suatu pertanyaan dari mana PSSI memetik para pemain untuk memperkuat timnas KU? Sudah terasahkah mereka? mampu dihandalkan?

Semoga PSSI benar-benar serius dalam program pembinaan usia muda sesuai dengan wacana  yang ada.

Salam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline