Lihat ke Halaman Asli

Bernilai Banyak atau Berilmu Banyak???

Diperbarui: 17 Juni 2015   12:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pendidikan merupakan sarana bagi diri kita untuk membentuk karakter yang berupa kecerdasan,kedewasaan dan pengetahuan. Di lembaga pendidikan pula kita diajarkan dari yang tidak bisa menjadi bisa,dari yang tidak tahu menjadi tahu. Karena hampir seluruh elemen masyarakat sudah tahu bahwasanya “ilmu itu bagaikan cahaya” artinyapendidikan itu sangat penting bagi kehidupan dimasa yang mendatang.Didalam hadistnya, rosulullah SAW bersabda “menuntut ilmu itu hukumnya wajib bagi kaum muslimin dan muslimat” . kedudukan darikata” faridhoh” sendiri tentu lebih tinggi dari “wajib” . dan tentunya Rasulullah memerintahkan pada umatnya untuk menuntut ilmu “minal lahdi ilaa lahdi”

Namun sangat disayangkan sekali, kedudukan “menuntut ilmu “ disini kalau kita cermati dizaman era globalisasi akan berubah menjadi “menuntut rezeki” .kenapa saya berkata demikian sobat?karena banyak dari kalangan kita yang salah mengartikan bahwa belajar merupakan sarana untuk memperoleh pekerjaan semata, iya kan? . Oleh sebab itu, sangat banyak sekali pelajar sekarang, yang hanya mengandalkan nilai, danmempertaruhkan harga dirinya untuk sebuah nilai. Mereka berambisi untuk memperoleh nilai yang bagus meskipun dengan jalan yang tidak sesuai,seperti mencontek,dll .tentu hal itu sangat berdampakburuk bagidiri sendiri . sudah sangat jelas mereka belajar bukan karena niat pada Allah semata, tetapi hanya karena nilai. Nilai bagi mereka dianggap segala-galanya.Padahal kalau diketahui tujuan pendidikan sendiri tentu bukan untuk mengejar nilai, melainkan untuk membentuk karkter dan pengetahuan pada peserta didik.

Sobat, apakah kamu termasuk orang yang juga mengandalkan nilai? Kalau iya, berarti sobat belum bisa mengartikan maksud dari “tolabul ‘ilmi” itu sendiri. Percayalah sobat, jika didalam proses kegiatan belajar kita hanya didasarkan pada keinginan untuk memperoleh nilai yang banyak, niscaya negeri ini akan bobrok moralnya. Karena sudah terbukti, orang yang nilai ulanganya baik belum tentu ia dikategorikan sebagai orang yang cerdas. Orang yang cerdas ialah mereka yang menginginkan wawasan yang berupa ilmu pengetahuan dan mampu mengamalkan apa-apa yang sudah mereka pahami.

Jadi jangan samapi sobat-sobat semua salah mengartikan terhadap orang yang berNILAI banyak dan orang yang berILMU . maksudnya ,orang yang berNILAI banyak belum tentu ia berILMU, tapi orang yang berILMU pasti ia BerNILAI banyak. So ..niatkan belajar untuk Allah SWT ya sobat...!! keep istiqomah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline