Keberadaan teknologi berperan penting dalam memudahkan kehidupan masyarakat Indonesia dalam banyak hal. Salah satunya adalah sektor pariwisata. Teknologi merupakan salah satu variabel untuk memperkuat manajemen strategi pariwisata sebagaimana ditunjukkan dalam analisis PESTEL (Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi, Lingkungan dan Hukum).
Berikut tahapan penggunaan teknologi dalam perjalanan:
1. Perencanaan: Reservasi Online
Saat ini, kebanyakan orang yang bepergian menggunakan reservasi online untuk memesan tiket pesawat hingga akomodasi. Keberadaan aplikasi pendukung pemesanan online sangat diminati masyarakat di era digital ini karena memberikan kemudahan dalam melakukan pemesanan.
2. On The Road: Ponsel
Memiliki ponsel pintar adalah panduan terbaik saat bepergian. Saat bepergian, kita bisa mendapatkan berbagai informasi hanya dengan smartphone kita. Kita bisa menggunakan smartphone untuk mencari tempat wisata yang ingin dikunjungi, tempat makan khas daerah tersebut, dan tempat membeli oleh-oleh.
3. Post-Travel (Post-Travel): Sharing is Alive
Munculnya media sosial baru-baru ini telah mengubah gaya hidup masyarakat. Berbagi atau mem-posting aktivitas kita kini sudah menjadi kebiasaan sehari-hari bagi orang Indonesia, bahkan saat bepergian. Dari ketiga hal di atas, dapat kita simpulkan bahwa kehadiran teknologi di sektor pariwisata sangat penting dan tidak dapat disangkal. Menteri Pariwisata Aliyev Yahya sering mengatakan, "Saat ini, industri dunia sedang bertransisi ke era industri digital 4.0, dan
Menurut saya Teknologi untuk pariwisata pada saat ini sangat penting untuk semua wisatawan dikarenakan sangat membantu dalam segala hal dan mempermudah semua nya
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI