Lihat ke Halaman Asli

Sitti Rainany

Guru di SMP Syaichona Cholil Balikpapan

Pengaruh TPACK terhadap Pembelajaran Abad 21

Diperbarui: 21 Januari 2023   11:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada pembelajaran abad 21 ini, guru dituntut untuk menguasai kemampuan berbasis IT. Hal ini di dukung dengan adanya pandemi yang mengubah sistem pembelajaran sangat cepat. Guru harus memberikan materi-materi lewat online yang sebelumnya tidak pernah dilakukan. Misalnya guru harus menggunakan aplikasi-aplikasi yang memungkinkan guru dan peserta didik masih bisa bertatap muka walaupun dari jarak jauh. Kemudian generasi abad 21 ini atau yang bisa disebut generasi Z sangat tertarik pada pembelajaran-pembelajaran yang berbasis IT. Mereka akan cepat sekali bosan jika guru masih menggunakan metode mengajar yang berpusat pada guru. Selain itu, guru harus memahami karakteristik peserta didiknya agar dapat memilih metode atau model pembelajaran yang tepat untuk membangkitkan kembali motivasi belajar peserta didik.

Istilah TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) atau yang dalam bahasa indonesia dapat diartikan gabungan dari teknologi yang dipakai untuk membelajarkan pengetahuan-pengetahuan terkait materi pembelajaran. Konsep TPACK melibatkan 7 domain pengetahuan dikarenakan ada irisan atau sintesa baru, yaitu;
a. Pengetahuan materi (content knowledge/CK) yaitu penguasaan bidang studi atau materi pembelajaran.

b. Pengetahuan pedagogis (pedagogical knowledge/PK) yaitu pengetahuan tentang proses dan strategi pembelajaran.

c. Pengetahuan teknologi (technological knowledge/TK) yaitu pengetahuan bagaiamana menggunakan teknologi digital.

d. Pengetahuan pedagogi dan materi (pedagogical content knowledge/PCK) yaitu gabungan pengetahuan tentang bidang studi atau materi pembelajaran dengan proses dan strategi pembelajaran.

e. Pengetahuan teknologi dan materi (technological content knowledge/TCK) yaitu pengetahuan tentang teknologi digital dan pengetahuan bidang studi atau materi pembelajaran.

f. Pengetahuan tentang teknologi dan pedagogi (technological paedagogical knowledge/TPK) yaitu pengetahuan tentang teknologi digital dan pengetahuan mengenai proses dan strategi pembelajaran.

g. Pengetahuan tentang teknologi, pedagogi, dan materi (technological, pedagogical, content knowledge/TPCK) yaitu pengetahuan tentang teknologi digital, pengetahuan tentang proses dan strategi pembelajaran, pengetahuan tentang bidang studi atau materi pembelajaran. 

Adapun domain untuk penerapan TPACK secara praktis adalah:
1. Menggunakan TIK untuk menilai peserta didik. Contoh Saudara menggunakan Microsoft excel untuk mengolah nilai, menggunakan kuis online untuk menilai partisipasi peserta didik, menggunakan grup chatting untuk memahami cara berkomunikasi melalui medsos dan sebagainya.

2. Menggunakan TIK untuk memahami materi pembelajaran. Contohnya mengemas materi abstrak ke dalam animasi video, mensimulasikan prinsip kerja mesin menggunakan animasi, memberikan rujukan tautan untuk belajar lebih lanjut dan sebagainya.

3. Mengintegrasikan TIK untuk memahami peserta didik. Contohnya meminta peserta didik memvisualisasikan idenya menggunakan corel draw, menggunakan whatsapp atau email untuk menampung keluhan peserta didik, menyediakan forum konsultasi secara online dan sebagainya

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline