Lihat ke Halaman Asli

Tubuh Sehat di Tengah Cuaca Ekstrem: Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Pancaroba

Diperbarui: 17 Oktober 2023   20:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://nasional.kompas.com/

Tubuh Sehat di Tengah Cuaca Ekstrem: Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Pancaroba


Sebagian besar wilayah Indonesia masih dilanda cuaca panas ekstrem, fenomena ini diprediksi oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih akan berlangsung hingga akhir Oktober 2023. Fenomena cuaca ekstrem ini dapat menjadi ancaman serius bagi kesehatan kita. Ini bukan hanya masalah kenyamanan, tetapi juga berpotensi mengakibatkan berbagai masalah kesehatan serius. Untuk itu, sangat penting menjaga kesehatan tubuh dan tetap waspada terhadap penyakit di tengah cuaca panas yang ekstrem. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan Anda selama periode panas yang ekstrem:

1. Minum Air yang Cukup
Dehidrasi merupakan masalah umum dikala tubuh dilanda cuaca panas. Pastikan untuk minum air yang cukup untuk menjaga asupan cairan dalam tubuh sepanjang hari. Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol atau kafein, karena dapat memperburuk dehidrasi. Air putih merupakan pilihan terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

2. Berolahraga Secara Rutin
Olahraga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain dapat menjaga berat badan, olahraga juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit dan dapat meningkatkatkan imunitas tubuh. Jadi, sebaiknya rutin melakukan olahraga minimal 30 menit per hari untuk menjaga Kesehatan ditengah musim pancaroba seperti sekarang.

3. Pola Makan Sehat dan Teratur
Kunci utama sehat adalah pola makan yang sehat dan teratur. Dalam menjalani aktivitas di tengah cuaca panas yang ekstrem dibutuhkan makanan yang bergizi seimbang dan bernutrisi, karena makanan merupakan sumber energi yang dibutuhkan tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari dan memperbaiki masalah dalam tubuh. Buah dan sayuran sebagai makanan andalan untuk menjaga kesehatan tubuh karena kaya akan antioksidan yang memiliki peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Kenali Gejala Heatstroke
Heatstroke adalah sebuah kondisi medis serius yang dapat terjadi akibat cuaca panas ekstrem. Heatstroke dapat dikenali dengan adanya gejala pusing, pingsan, kulit kemerahan dan panas, serta kebingungan. Jika Anda atau seseorang di dekat anda menunjukkan gejala tersebut,  segera cari pertolongan medis.

5. Mengelola Stres
Stres memiliki potensi untuk memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak berlarut-larut saat berada dalam kondisi stres, karena jika dibiarkan berlarut-larut, stres dapat menurunkan daya tahan tubuh dan pada akhirnya membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit.

6. Gunakan Pakaian yang Tepat
Kenakan pakaian yang longgar, ringan, dan berwarna terang. Hindari pakaian berbahan sintetis, yang dapat membuat Anda merasa kepanasan. Disarankan untuk mengenakan topi dan kacamata hitam saat beraktivitas diluar ruangan, guna melindungi diri dari paparan sinar matahari secara langsung.

7. Hindari Melakukan Aktivitas Berat di Siang Hari
Jika memungkinkan, hindari melakukan aktivitas fisik yang berat di siang hari ketika suhu paling panas. Pilih untuk berolahraga atau melakukan pekerjaan berat pada pagi atau sore hari ketika cuaca lebih sejuk.

8. Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari
Gunakan tabir surya dengan SPF tinggi dan kenakan pakaian pelindung jika Anda perlu beraktivitas di luar ruangan. Paparan berlebihan dari sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan luka bakar pada kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit.

9. Perhatikan Peringatan Cuaca
Selalu perhatikan peringatan cuaca dari otoritas terkait. Jika cuaca panas ekstrem diprediksi, pastikan untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan. Selalu siap sedia pakaian dan perlengkapan seperti jaket, topi, dan jas hujan untuk melindungi diri dari cuaca ekstrem. Tindakan preventif ini penting dilakukan agar terhindari dari hal-hal yang tidak inginkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline