Lihat ke Halaman Asli

Raisya Maulana

Public Administration Student at Padjadjaran University

Menyerahkan Diri ke Penjara Atlanta, Mugshot Donald Trump Menjadi yang Pertama dalam Sejarah

Diperbarui: 25 Agustus 2023   09:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mugshot Donald Trump yang dirilis penjara Fulton County (Sumber: CNBC)

Kasus dugaan kecurangan pada pemilihan presiden AS di Georgia tahun 2020 lalu masih berlanjut sampai saat ini. Hingga pada akhirnya pada Kamis malam 8/24, mantan presiden Donald Trump menyerahkan diri ke penjara Fulton County. Tak lama setelah itu, foto mugshot mantan presiden tersebut dirilis ke publik dan menjadi sebuah catatan sejarah pertama bagi presiden Amerika. 

Mugshot adalah foto resmi yang diambil dari seseorang setelah ditangkap oleh pihak berwenang, biasanya digunakan sebagai bukti identifikasi dalam sistem hukum.

Terdapat 13 tuduhan terhadap Donald Trump di Georgia, termasuk tuduhan penipuan dan pernyataan palsu. Hari Jumat menjadi hari terakhir bagi Trump dan 18 terdakwa lainnya untuk menyerahkan diri kepada pihak berwenang. 

Hanya di Penjara 20 Menit

Setelah menyerahkan diri, Trump hanya diam di penjara selama 20 menit dan dibebaskan dengan jaminan sebesar $200.000 dollar. Ketika didalam penjara, Trump tidak berbicara apapun kepada wartawan ataupun publik. Selain itu, tidak ada insiden apapun yang terjadi meskipun para pendukung dan pengunjuk rasa telah berada di lokasi.

Para pendukung Trump menonton iring-iringan mantan presiden menuju penjara Fulton County (Sumber: Aljazeera)

Trump kemudian meninggalkan bandara Atlanta dengan pesawatnya untuk menuju New Jersey. Mantan presiden tersebut hanya berbicara singkat kepada wartawan di landasan pacu.

Trending di Twitter

Setelah kabar Trump menyerahkan diri ke penjara Atlanta, kata kunci #TrumpMugShot menjadi trending pertama di twitter. Kemudian disusul oleh kata kunci "Mr. President", "TRUMP IS BACK", "HE'S BACK", dan "Black for Trump" menduduki trending twitter Amerika.

Cuitan mengenai Trump di Twtter (Sumber:  Twitter)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline