Lihat ke Halaman Asli

Raihan Muammar Ramandika Putra

Mahasiswa Universitas Diponegoro - Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Berantas Stunting: Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK Desa Sawahan Kecamatan Juwiring

Diperbarui: 13 Agustus 2023   09:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Desa Sawahan, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten -- 10 Agustus 2023

Stunting didefinisikan sebagai gagal tumbuh pada anak dimana anak tersebut memiliki tinggi badan yang lebih pendek dibandingkan teman sebayanya. Kasus stunting merupakan salah satu masalah yang menjadi perhatian di Kecamatan Juwiring. Angka stunting di Kecamatan Juwiring setiap tahunnya mengalami perubahan baik kenaikan maupun mengalami penurunan. Permasalahan ini tentunya menjadi perhatian bagi setiap desa di Kecamatan Juwiring khususnya di Desa Sawahan. Pada acara "Rembug Stunting" tahun ini, dipaparkan bahwa angka stunting di Desa Sawahan lebih dari 10 anak dan dimungkinkan dapat bertambah jika tidak diberikan pendampingan lebih lanjut bagi orang tua maupun anak.

Ikan asap merupakan olahan berbahan baku ikan yang selanjutnya dilakukan proses pengasapan. Produk ini sangat digemari oleh masyarakat di Kota Semarang karena memiliki rasa serta aroma smoky yang menjadi ciri khas. Selain itu, dengan olahan ini dapat menjaga kandungan gizi dari bahan baku yang digunakan. Produk olahan perikanan lainnya yaitu nugget ikan dimana olahan ini digemari hampir semua kalangan usia. Program Kerja mahasiswa KKN UNDIP Tim II Tahun 2023 yaitu "Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK Desa Sawahan melalui Pembuatan Ikan Lele Asap Berbasis Moderen Menggunakan Asap Cair dan Oven Gas" serta "Diversifikasi Ikan Lele Menjadi Olahan Produk Perikanan Berupa Nugget Ikan sebagai Olahan Pangan Penambah Gizi Pencegahan Stunting di Desa Sawahan. Pelaksanaan program ini dilakukan di Posko KKN UNDIP Tim II Tahun 2023 tanggal 20 Juli dan dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sawahan, ibu-ibu anggota PKK Desa Sawahan, dan Mahasiswa KKN UNIDP  Tim II Tahun 2023.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Kegiatan pertama diawali dengan pemaparan secara umum terkait ikan lele asap. Kegiatan selanjutnya pengenalan asap cair meliputi pembuatan, manfaat, cara pemakaian, dan pembagian brosur. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan melakukan demonstrasi pembuatan ikan lele asap dari tahap perendaman hingga pengovenan selesai. Kegiatan ditutup dengan pembagian hasil olahan ikan asap kepada para peserta. Selama proses pembuatan dilakukan diskusi dua arah dari mahasiswa kepada peserta terkait produk ikan lele asap.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Kegiatan kedua diawali dengan pemaparan umum terkait nugget ikan. Kegiatan selanjutnya dilakukan dengan menyebutkan alat, bahan, proses pembuatan, dan pembagian brosur. Proses pembuatan dimulai sejak pengukusan, dimana pada tahap sebelumnya telah dilakukan pengadonan untuk mempersingkat waktu. Kegiatan dilanjutkan dengan demonstrasi pembuatan nugget ikan lele dan dilanjutkan dengan pembagian nugget ikan lele kepada para peserta.

Ibu-Ibu PKK Desa Sawahan mengungkapkan bahwa, ikan lele asap memiliki rasa dan aroma yang enak namun menurut mereka dimungkinkan kurang disukai anak-anak karena rasa smoky yang cukup kuat, sedangkan nugget ikan lele sangat disukai oleh para peserta karena renyah dan merupakan comfort food sehingga juga dapat disukai oleh anak-anak.

Kegiatan ditutup dengan melakukan foto bersama dengan seluruh peserta yang hadir. Kedepannya diharapkan Ibu-Ibu PKK Desa Sawahan tertarik untuk memproduksi produk olahan hasil perikanan maupun dijadikan sebagai pangan sehari-hari guna mengurangi angka stunting khususnya di Desa Sawahan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline