Lihat ke Halaman Asli

Raihanin

Murid SMA Yappenda

Perubahan Sosial yang sering kali kita alami dalam kehidupan sehari-hari

Diperbarui: 22 Juli 2024   00:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Perubahan sosial merupakan proses sosial yang tak terelakkan dan selalu dialami oleh seluruh anggota masyarakat.                                                

Perubahan sosial dapat berupa kemajuan ataupun kemunduran yang membawa pengaruh budaya dari berbagai belahan dunia ke Indonesia. Hal ini terlihat dalam tren fashion, musik, kuliner, dan gaya hidup.                                                                            

Dari pertukaran budaya inilah indonesia dapat memperkaya wawasan dan membuka peluang baru untuk kolaborasi dan inovasi. 

Berikut perubahan sosial yang sering di alami oleh seluruh rakyat Indonesia termasuk saya adalah:   

1. Penggunaan ponsel dan media sosial seperti WhatsApp, TikTok, dan Instagram telah merevolusi cara kita dalam berkomunikasi dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dari sini medsos dan ponsel menjadi bermanfaat untuk menghubungi keluarga dan teman di seluruh dunia. Selain itu, berbagi dan mengakses informasi secara instan pun sangatlah mudah apalagi jika ingin mengikuti tren terkini dan menikmati hiburan. Kita akan dapat terus mengetahui apa yang terjadi di seluruh dunia dan penting untuk menggunakan media sosial secara bijak dan bertanggung jawab, dengan mempertimbangkan keseimbangan antara interaksi online dan offline. 

2. Belanja online telah menjadi semakin populer di Indonesia karena menghemat waktu, tenaga, dan pengeluaran uang yang banyak. Contohnya seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada yang menyediakan akses ke berbagai macam produk dengan harga yang kompetitif serta kemudahan pembayaran dan pengiriman. Konsumen juga dengan mudahnya dapat menemukan produk yang tidak tersedia di toko terdekatnya dan sering kali mendapatkan diskon yang spesial.

Hal inilah yang mengubah pola belanja tradisional dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital. Tetapi ada juga dampak buruk yang terjadi, seperti meningkatnya konsumerisme terus menerus dapat mendorong kita untuk membeli lebih banyak barang, bahkan jika kita tidak benar-benar membutuhkannya. 

3. Penggunaan media dapat menyediakan platform untuk bertemu orang baru dengan minat dan latar belakang yang sama, memungkinkan perluasan jaringan sosial dan membuka peluang baru untuk kolaborasi dan pertukaran ide.

4. Pelayanan kesehatan dan media secara online menjadi alat yang menjanjikan untuk meningkatkan akses layanan kesehatan, terutama di daerah terpencil. Konsultasi online dan pemantauan pasien jarak jauh memungkinkan penyedia layanan kesehatan untuk menjangkau pasien secara lebih efektif.

Indonesia akan terus berkembang untuk lebih maju dan mencapai kesuksesan di berbagai bidang

Dari sinilah kita dapat memahami perubahan sosial dan memanfaatkannya secara bijak agar memberi dampak yang signifikan bagi masyarakat Indonesia. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline