Lihat ke Halaman Asli

Raihan DzakyFerdiansyah

Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Kuliah Kerja Mahasiswa UIN Malang Resmi Dilepas, Siap Menabur Banyak Cerita

Diperbarui: 25 Desember 2023   15:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Rabu, 20 Desember 2023, Kami kelompok 41 KKM UIN Malang telah melaksanakan pembukaan KKM yang diselenggarakan di Desa Sidorejo bersama kelompok 40. Kami bekerja sama untuk menyokong kegiatan tersebut demi terciptanya hubungan baik dengan pemerintah Desa serta sebagai bukti bahwa kami kelompok KKM UIN Malang telah diterima dengan baik oleh pemerintah Desa untuk melaksanakan kegiatan dan pengabdian masyarakat Desa Sidorejo. Acara tersebut dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), kepala Desa, Babinsa, ibu-ibu PKK, serta seluruh aparatur Desa.

Acara dibuka oleh MC yang bertugas sebagai pemandu jalannya acara pembukaan, acara semakin hikmat dengan iringan bacaan ayat suci al-Quran yang dilantunkan oleh salah satu anggota kelompok 41. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan salah satu perwakilan mahasiswa KKM yang pada waktu itu diwakilkan oleh ketua kelompok 40.

Adapula sambutan dari dosen pembimbing lapangan kami (DPL) yaitu bapak Qomi, beliau menekankan pada sambutannya mengenai penyerahan mahasiswa dari kampus kepada pemerintah Desa dan memberi petuah kepada mahasiswa untuk menjaga etika dan perilakunya ketika sedang berinteraksi serta bersinggungan dengan masyarakat. Penyerahan tersebut merupakan simbol pelepasan dari pihak kampus kepada pihak pemerintah Desa sebagai tanda bahwa mahasiswa diberi tanggung jawab penuh untuk melaksanakan kegiatan atau program kerja di Desa Sidorejo.

Setelah itu sambutan dari bapak kepala Desa, kepala Desa mempersilahkan mahasiswa untuk mengexplore dan melaksanakan program kerjanya di lingkungan Desa Sidorejo. Maka dari itu, beliau juga menekankan kepada mahasiswa untuk mengikuti culture dan adat istiadat setempat, serta harus tetap menjaga attitude-nya saat sedang berinteraksi dengan masyarakat setempat.

Berikutnya, sambutan dari perwakilan ibu PKK, beliau meminta kepada mahasiswa KKM untuk mengadakan sebuah pelatihan mengenai konselor Desa serta meminta untuk berkoordinasi langsung dengan ibu-ibu PKK untuk melaksanakan program kerjanya yang bersangkutan dengan mereka.

Terakhir, Acara ditutup dengan pembacaan doa dan foto bersama sebagai tanda selesailah acara pembukaan kegiatan KKM di Desa Sidorejo. Setelah acara pembukaan selesai, kami berkoordinasi langsung dengan bapak babinsa demi terwujudnya keamanan dan kenyamanan warga terhadap kegiatan yang akan kami laksanakan. Kami juga berkoordinasi dengan kepala dusun Melo'an, terkait program kerja yang akan dilaksanakan di dusun tersebut.

Harapan dari kami, semoga kegiatan kuliah kerja mahasiswa ini dapat berjalan lancar sampai akhir, setiap program kerja yang sudah disusun dapat terlaksana dan bermanfaat bagi masyarakat maupun bagi kami. Dan yang terakhir, semoga apa yang kami dapatkan selama KKM dapat menjadi pengalaman dan amal jariyah bagi kami.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline