Teori belajar sosial Albert Bandura adalah teori psikologi yang menekankan pentingnya observasi, peniruan, dan pemodelan dalam proses belajar. Bandura berpendapat bahwa manusia tidak hanya belajar melalui pengalaman langsung, tetapi juga dengan mengamati perilaku orang lain dan konsekuensi dari perilaku tersebut. Teori ini sering disebut juga sebagai teori belajar observasional.
Konsep Utama dalam Teori Belajar Sosial
1. Pembelajaran Observasional (Observational Learning)
Individu belajar dengan mengamati perilaku orang lain (model), bukan hanya melalui pengalaman langsung.
Contoh: Anak belajar mengucapkan kata-kata baru setelah mendengar orang tua mereka mengucapkannya.
2. Pemodelan (Modeling)
Pemodelan adalah proses meniru perilaku yang diamati.
Model bisa berupa orang nyata (orang tua, guru, teman) atau model simbolis (tokoh dalam film atau media).
Contoh: Seorang remaja meniru gaya berpakaian idolanya.
3. Penguatan dan Hukuman (Reinforcement and Punishment)
Bandura menekankan bahwa belajar dapat terjadi tanpa penguatan langsung, tetapi penguatan vikarius (observasi konsekuensi pada orang lain) juga penting.