Lihat ke Halaman Asli

Raihan Bima

mahasiswa

4 Cara Menghadapi Inovasi Disruptif untuk Keberlangsungan Perusahaan

Diperbarui: 26 Januari 2023   23:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Akhir-akhir ini kita sering mendengar bahwa perusahaan yang sedang berjuang tiba-tiba terpuruk dan terpaksa harus dibubarkan. Salah satu alasannya adalah munculnya perusahaan baru dengan inovasi yang lebih baik. Beberapa perusahaan terpaksa dibubarkan memiliki alasan tersendiri yaitu karena mengalami inovasi disruptif.

Pada zaman modern ini, sudah semestinya mendorong para pengusaha untuk terus berinovasi. Inovasi disruptif bukanlah halangan bagi pengusaha yang mampu beradaptasi cepat dengan adanya perubahan.

Maka dari itu bagi perusahaan yang tidak fleksibel dan tidak mengikuti perkembangan zaman, umumnya tidak dapat bersaing dengan perusahaan yang inovatif dan memiliki ide-ide baru di pasar.

Berikut mengenali apa itu Inovasi Disruptif dan cara menghadapinya

Apa itu Inovasi Disruptif?

Inovasi Disruptif  adalah inovasi yang menciptakan produk atau layanan baru untuk menggantikan ide bisnis yang sudah ada sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk membuat produk lebih segar dan menyesuaikan kebutuhan masyarakat.

Menurut Clayton Christensen dalam bukunya The Innovator's Dilemma (1997), Disruptive Innovation adalah inovasi yang memberikan konsep baru dan berbeda dengan pasar yang sudah ada.

Menghadapi Inovasi Disruptif

Inovasi disruptif memiliki peran utama agar perusahaan dapat terus berkembang, bertahan dan bersaing. Maka dari itu diperlukan cara menghadapinya yaitu dengan:

  • Berinovasi

Melakukan inovasi dengan menciptakan produk-produk baru setiap periode secara berkala. Hal ini akan membuat konsumen puas dan tidak mudah bosan.

  • Analisa Tren Lingkungan Bisnis

Perubahan tren pada lingkungan bisnis menciptakan peluang bisnis baru. Dengan melakukan analisa, Anda dapat melihat kemungkinan dan peluang bisnis yang ada di lingkungan tersebut.

  • Menciptakan Ide-Ide Baru

Pengusaha harus pintar beradaptasi dan juga menciptakan ide-ide baru. Hal ini dilakukan agar perusahaan tidak tertinggal oleh pesaing, sehingga perusahaan tetap kompetitif dan profitable.

  • Peningkatan Pelayanan Pelanggan

Fokus pada pelanggan dan selalu berusaha untuk memenuhi semua kebutuhan mereka dan mengatasi masalah mereka. Salah satunya adalah dengan standarisasi pelayanan yang diberikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline