Lihat ke Halaman Asli

Raihan Azmi_2

Mahasiswa Universitas Negeri Semarang

Kegiatan Lomba Kebersihan, Jadi Penutup Kegiatan Program PHBS di SDN 02 Tangkil

Diperbarui: 7 Desember 2023   20:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sesi foto bersama dengan mahasiswa, guru, serta murid di sdn 02 tangkil, Dok. Pribadi

Jumat, 24 November 2023. Mahasiswa Kkn Unnes GIAT 6 Desa Tangkil mengadakan lomba kebersihan antar kelas di sdn 02 Tangkil, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten. Kegiatan tersebut merupakan acara penutup dari serangkaian aktivitas dari salah satu program kerja wajib yaitu (PHBS) Pola hidup bersih dan Sehat.

Sebelumnya, kegiatan (PHBS) memang telah terlebih dahulu terlaksana sebanyak dua kali yaitu di tanggal 10 dan juga 17 November 2023. Untuk acara di tanggal 10, saat itu mahasiswa melakukan kegiatan sosialisasi  terhadap anak anak kelas lima dan enam terkait dengan pentingnya perilaku bersih dan sehat di lingkungan sekolah, dan di pertemuan selanjutnya, tentang gizi dan olahraga yang dilakukan dengan melakukan aktivitas senam Bersama dan dilanjutkan dengan penyuluhan terkait dengan kebutuhan gizi pada anak.

Sejak pukul 07.30 pagi, Antusiasme siswa sudah mulai terlihat ketika mereka dikumpulkan di lapangan. Sebelum acara dimulai para siswa diberikan arahan oleh mahasiswa terkait dengan teknis lomba,  Selanjutnya para siswa diberikan arahan oleh mahasiswa terkait dengan teknis lomba, setiap kelas kemudian diberikan batas waktu maksimal satu jam untuk dapat menyelesaikan kegiatan lomba tersebut.

Dalam perlombaan tersebut ada beberapa aspek yang nantinya akan dinilai oleh para juri, diantaranya  kebersihan ruangan, kerapian kelas, keindahan atau kreatifitas kelas, kebersihan depan kelas, serta kebersihan barang barang di dalam kelas.

Setelah dilepas ke kelasnya masing - masing, para siswa mulai dari kelas satu hingga kelas enam kemudian langsung bergegas untuk melakukan kegiatan bersih - bersih tersebut. Ada beberapa yang bertugas menyapu dan mengepel lantai, ada juga yang membersihkan kaca, bahkan tak sedikit pula yang bertugas untuk mendekor  kelas.

Selang satu jam setelah acara bersih bersih dimulai, tepat pukul 09.00, proses penilaian kemudian dilakukan. Dua juri yang masing - masing berasal dari guru dan mahasiswa kemudian ditugaskan untuk menilai kelas - kelas yang sudah ditata tersebut. Sembari menunggu hasil penilaian para siswa juga dipersilahkan beristirahat selama 15 menit.

Penyerahan plakat oleh ketua kelompok Giat 6 desa tangkil (Farel) kepada perwakilan pihak sekolah, Dok. Pribadi 

Masuk di penghujung acara,  anak - anak kemudian dikumpulkan kembali di lapangan. Di akhir sesi acara tersebut, MC selanjutnya mengumumkan pemenang lomba, dimana kelas dua pada akhinya berhasil menyabet gelar juara yang disusul oleh kelas satu di peringkat kedua. Penyerahan hadiah pun secara simbolis dilakukan yang selanjutnya disusul dengan pemberian plakat oleh tim giat 6 terhadap pihak sekolah. Setelah pengumuman dilakukan, seluruh mahasiswa beserta murid dan guru kemudian melakukan sesi foto bersama yang sekaligus menjadi penutup dari kegiatan acara tersebut.   

Sejalan dengan tagline Unnes giat kali ini "bersama UNNES Giat, membangun Desa". Dalam rangka meningkatkan kepedulian masyarakat di desa tangkil terhadap pola hidup bersih dan sehat. Pusbang KKN LPPM Unnes sebagai penyelenggara memang telah mewajibkan program (PHBS) sebagian bagian dari program kerja wajib pada Giat 6 kali ini. Mereka dalam hal ini, secara tidak langsung berharap, bahwa dengan diadakannya program kerja tersebut, masyarakat di desa, mulai dari orang tua hingga anak anak pada akhirnya  dapat mengetahui atau menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungannya.

Untuk di SDN 02 Tangkil, Nurul sebagai ketua penyelenggara berharap, bahwa melalui pelaksanaan program kerja tersebut, anak - anak kemudian dapat menerapkan perilaku baik tersebut minimal di lingkungan sekolah, lebih bagus lagi jika itu bisa diterapkan atau ditularkan kepada lingkungan di tempat tinggalnya, ujar Nurul.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline