Lihat ke Halaman Asli

Raihan Azmi_2

Mahasiswa Universitas Negeri Semarang

Dukung Peningkatan Literasi Siswa, Perpustakaan SDN 01 Tangkil Resmi Dibuka

Diperbarui: 7 Desember 2023   14:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Raihan, mahasiswa kkn Giat 6 desa tangkil berfoto bersama dengan  guru dan kepala sekolah  sdn 01 tangkil, Dok. Pribadi 

Rabu, 16 November 2023. Perpustakaan sdn 01 Tangkil, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, resmi dibuka. Peresmian tersebut dilakukan secara simbolis dengan melakukan sesi foto bersama dengan mahasiswa Giat 6, perangkat guru, dan juga kepala sekolah, Eko Setiawan.

Peresmian perpustakaan ini merupakan penutup dari rangkaian acara program kerja individu Giat 6 Unnes  yaitu "Pembenahan serta Upgrading Perpustakaan". Sebelumnya, kondisi perpustakaan di sdn 01 Tangkil memang dinilai sangat memprihatinkan, banyak sekali buku - buku  yang berdebu dan tidak tertata, kondisi buku pun juga banyak yang  berceceran di rak bahkan adapula buku yang sampai menempel antara satu dengan yang lainnya. Namun, setelah dilakukan upaya pembenahan oleh tim giat Unnes, keadaan perpustakaan kini mulai kembali membaik, buku buku tersebut, kini sudah tertata dengan rapi dan sesuai dengan tema yang sudah ditentukan.

Kegiatan ini sebenarnya sudah dimulai Sejak tanggal 2 November namun baru dapat rampung diselesaikan pada tanggal 15 November yang lalu. Raihan selaku penanggung jawab program bersama dengan teman teman Giat 6 memang secara intensif telah melakukan berbagai upaya pembenahan, seperti hal nya, penentuan layout perpustakaan, pengkategorisasian tema buku, pelabelan buku, serta penambahan instrumen perpustakaan lainnya seperti mading dan plang tema.

Kegiatan Giat 6 ini memang menjadi momen spesial bagi para mahasiswa untuk mengabdi serta bermanfaat kepada desa, khususnya di Desa Tangkil. Sejak diterjunkan oleh Pusbang  KKN LPPM UNNES pada tanggal 23 Oktober 2023, para mahasiswa serta mahasiswi kelompok Giat 6 Desa tangkil juga telah melakukan observasi  terkait dengan kelebihan dan kekurangan yang ada di lingkungan desa dan salah satu yang menjadi perhatiannya adalah minat baca.   

Sesuai dengan tagline Unnes giat 6 kali ini "bersama UNNES Giat, membangun Desa". Raihan selaku koordinator program kerja juga berharap bahwa melalui program kerjanya tersebut, nantinya dapat meningkatkan minat literasi siswa dan dapat menciptakan SDM yang berkualitas dan berguna bagi kemajuan desa kedepannya.

Di sisi lain, Eko selaku kepala sekolah, juga mengapresiasi kinerja dan effort yang telah diberikan oleh tim giat 6 selama kurang lebih tiga minggu dalam mengupayakan pembenahan perpustakaan tersebut. Setelah sesi peresmian, Eko juga menambahkan bahwa melalui perpustakaan itu, ia  berharap bahwa literasi di SDN 01 Tangkil juga dapat meningkat. 

 Dengan diresmikan perpustakaan tersebut, Raihan juga sangat bersyukur dan sangat berharap bahwa anak - anak disana juga dapat memanfatkan perpustakaan itu dengan baik dan menjaga fasilitas baca itu secara berkelanjutan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline